Apa Benar Anak yang Hobi Begadang Sebabkan Tubuhnya Pendek? Berikut Faktanya

Apa Benar Anak yang Hobi Begadang Sebabkan Tubuhnya Pendek? Berikut Faktanya
Anak yang hobi begadang sebabkan tubuhnya pendek? (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Anak-anak biasanya sedang melalui fase pertumbuhan. Untuk itu para orangtua perlu memberikan nutrisi lebih untuk tumbuh kembang anak-anak mereka. Namun tak hanya memberikan nutrisi dari makanan saja, tapi juga kualitas tidur si kecil harus cukup.

Banyak yang mengatakan anak yang suka begadang bisa menyebabkan pendek. Lantas apakah hal tersebut benar?

“Buat anak-anak yang hobinya begadang, tidurnya jam 10, 11, atau 12 malam siap-siap anaknya jadi pendek,” ujar Dokter Spesialis Anak, dr Hendra Sp.A seperti dikutip dari akun TikTok @bicarasikecil, Senin (15/4/2024).

Dokter Hendra menjelaskan kalau para Moms mau punya anak yang tinggi, wajib banget tidur malamnya sebelum jam sembilan malam.

“Karena hormon pertumbuhan atau growth hormon itu diproduksi di jam 11 sampai jam dua pagi, supaya si kecil tumbuh tinggi dan sesuai dengan potensinya,” katanya.

Growth hormon biasanya akan diproduksi ketika si kecil sudah di fase tidur dalam. Dan sembilan malam waktu si kecil wajib sudah tidur.

“Memang sih ada faktor lain yang mempengaruhi tinggi seseorang, seperti nutrisi terutama protein hewani, stimulasi dan aktivitas untuk merangsang otot dan tulang hingga genetik. Tapi sebelum pasrah dengan faktor genetik wajib usahakan dulu,” katanya.

 

 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index