Ini Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ginjal

Ini Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ginjal
Manfaat air kelapa bagi kesehatan ginjal. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Air kelapa muda dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang beranggapan bahwa air kelapa muda bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Hal itu pun dibenarkan oleh Dokter Spesialis Urologi, dr Akhada Maulana, Sp.U.

Terkait kelapa muda, dr. Akhada menjelaskan salah satu manfaat air kelapa yaitu paling berkhasiat bagi tubuh adalah untuk menjaga kesehatan ginjal.

“Jadi salah satu efek air kelapa adalah diuretik yaitu akan memicu ginjal memproduksi urine lebih banyak. Akibatnya debite urine akan bertambah. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya penumpukkan kristal dalam saluran kencing yang berujung batu ginjal,” kata dr Akhada, dikutip dari akun X miliknya @akhadam77, Jumat (12/4/2024).

Menurutnya, dengan derasnya air kencing tersebut akan membantu mengobati pasien infeksi saluran ringan dan masih awal. Sehingga dari air kencing yang banyak itu akan membilas sel-sel radang akibat infeksi di dalam kandung kemih. Namun yang menjadi catatan adalah kondisi ini untuk ISK ringan dan masih awal.

Selain itu, bila ada batu ginjal atau ureter berukuran kecil dibawah 6-7 mm dengan derasnya air kencing produksi dari ginjal setelah minum air kelapa muda ini, maka akan membuatnya terdorong keluar selama tidak ada penyempitan ureter yang mengakibatkan batu tersebut akan nyangkut

“Minum air kelapa muda ini tidak akan menyembuhkan batu kandung kemih yang membuat pancaran kencing tersendat atau macet, sebab kalau batu sudah di kandung kemih dan menimbulkan sumbatan aliran artinya batunya besar dan melebihi dari satu cm,” ucapnya.

Maka dari itu, dr Akhada juga mengatakan air kelapa muda tidak berguna pada pembesaran prostat, karena dia hanya akan menimbulkan efek air kencingnya menjadi banyak. Namun tetap saja sumbatan akibat prostat menyebabkan aliran kencing tidak lancar.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index