Berikut 6 Pengobatan Rumahan untuk Atasi Batuk, Dijamin Ampuh

Berikut 6 Pengobatan Rumahan untuk Atasi Batuk, Dijamin Ampuh
Pengobatan rumahan untuk atasi batuk. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Batuk adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir, debu, atau benda asing lainnya. Terkadang batuk dapat menjadi sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, tidak perlu khawatir, beberapa pengobatan alami dapat membantu meredakan batuk.

Masih banyak orang yang lebih memilih mencoba pengobatan alami untuk mengatasi batuk seperti jamu dan suplemen yang ada di pasaran. Penting untuk diingat bahwa Food and Drug Administration (FDA) tidak memantau jamu dan suplemen, sehingga orang yang menggunakannya mungkin berisiko menggunakan produk berkualitas rendah yang mengandung kotoran.

Orang yang ingin mencoba pengobatan alami tersebut untuk mengobati batuknya harus mempertimbangkan sumber dan merek terlebih dahulu. Selain itu, beberapa herbal dan suplemen juga dapat mengganggu pengobatan, sehingga dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk itu, pentingnya mencari alternatif pengobatan alami lain, terutama bagi Anda yang ingin menghindari efek samping akibat penggunaan obat alami instan secara berlebihan.

Pengobatan rumahan yang alami dapat memberikan bantuan tanpa risiko efek samping yang tidak diinginkan. Melansir dari Medical News Today pada Kamis (4/4/2024), berikut enam pengobatan alami rumahan yang telah terbukti efektif dalam membantu mengatasi batuk.

1. Madu

Menurut penelitian, madu dapat meredakan batuk. Para peneliti menemukan bahwa madu lebih unggul dibandingkan perawatan biasa, baik dalam menekan batuk dan membantu mecegah kebutuhan akan antibiotik.

Untuk itu salah satu pengobatan alami yang efektif untuk mengatasi batuk adalah madu. Anda dapat menelan sesendok madu atau menambahkannya ke minuman panas, seperti teh herbal.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma. Selain itu sifat yang terkandung di dalam jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri. Tambahkan jahe ke dalam masakan atau Anda dapat meminumnya dalam teh. Namun, pada beberapa kasus, teh jahe bisa menyebabkan sakit perut atau mulas.

3. Cairan Panas

Penelitian lama dari sumber terpercaya 2008 menunjukkan bahwa minum cairan pada suhu kamar dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin. Selain itu, minuman panas juga dapat meringankan lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan.

Gejalanya akan segera hilang dan bertahan selama beberapa waktu setelah menghabiskan minuman panas. Minuman panas yang mungkin menenangkan, seperti kaldu bening, teh herbal, teh hitam tanpa kafein, air hangat, dan jus buah hangat.

4. Uap

Batuk basah yang menghasilkan lendir atau dahak dapat membaik dengan uap. Anda bisa mandi atau berendam air panas dan membiarkan kamar mandi terisi uap. Anda harus tetap berada dalam uap ini selama beberapa menit hingga gejalanya mereda. Minum segelas air setelahnya untuk menenangkan diri dan mencegah dehidrasi.

Selain itu, alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah membuat mangkuk kukus dengan mengisi mangkuk dengan air panas yang ditambahkan minyak esensial, seperti kayu putih atau rosemary untuk dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Condongkan tubuh ke atas mangkuk dan meletakkan handuk di atas kepala yang memerangkap uap sehingga orang tersebut dapat menghirupnya. Hirup uapnya selama sekitar 10-15 menit.

5. Berkumur dengan Air Asin

Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan larutan hingga cukup dingin sebelum digunakan untuk berkumur. Saat dikumurkan, diamkan kembali campuran tersebut di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum dimuntahkan.

Lakukan ini beberapa kali setiap hari sampai batuknya membaik. Sekedar informasi, anak kecil dan penderita tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari penggunaa obat kumur air asin.

6. Thyme

Thyme memiliki kegunaan kuliner dan obat-obatan dan merupakan obat yang umum digunakan untuk batuk, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan. Untuk mengobati batuk dengan menggunakan thyme, Anda bisa membuat teh thyme dengan merebus daun thyme segar dalam air panas, kemudian tambahkan sedikit madu untuk rasa.

Selain itu, Anda bisa mencari sirop obat batuk yang mengandung ramuan ini. Namun, beberapa penelitian pada 2015 mencatat bahwa orang mengalami sedikit efek samping saat menggunakan obat tersebut. Dengan menggunakan pengobatan alami seperti madu, jahe, cairan panas, uap, berkumur dengan air asin, dan thyme.

Anda dapat mengatasi batuk secara efektif tanpa harus bergantung pada jamu dan suplemen yang ada di pasaran. Namun, jika batuk Anda tidak kunjung membaik atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index