Terlalu Banyak Makan saat Sahur Bisa Cegah Lapar? Berikut Faktanya

Terlalu Banyak Makan saat Sahur Bisa Cegah Lapar? Berikut Faktanya
Sahur dengan porsi besar bisa cegah lapar? (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Saat berpuasa banyak orang yang menganggap dengan makan banyak saat sahur bisa mencegah munculnya rasa lapar. Lantas apakah hal itu benar?

Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan makan secara berlebihan dapat menyebabkan resistensi pada hormon leptin yang menyebabkan sinyal lapar dan kenyang dapat muncul saat perut masih dalam keadaan penuh. Kondisi itu tidak menjamin bahwa perut dalam keadaan penuh bisa mencegah rasa lapar lebih lama.

“Jadi malah sinyal lapar dan kenyang itu nggak ke kontrol. Jadi sinyal lapar tuh sebenarnya bisa saja muncul padahal perut masih terisi penuh. Belum lagi nih kalau sahurnya tuh kebanyakan itu malah bikin kita jadi makin gemuk, karena banyak kalori yang masuk,” kata dr Nadia, dikutip dari akun TikTok pribadinya @nadialaydrus, Sabtu (23/3/2024).

Tidak hanya itu, dr Nadia juga mengatakan seseorang yang makan sahur secara berlebihan dapat membuatnya merasa ngantuk saat menjalani aktivitas. Sebab saat mencerna makanan sel pankreas akan memproduksi insulin, dan pada saat inilah dia akan meningkatkan hormon melatonin dan serotonin.

Kedua hormon tersebut akan menghasilkan mata jauh lebih berat dibanding biasanya ketika seseorang konsumsi makan dalam jumlah banyak. Maka dari itu, dr Nadia menyarankan kepada masyarakat agar membatasi jumlah makanan yang dimakan saat sahur dan berbuka puasa.

“Makanya kenapa tetap harus dibatasi juga tuh konsumsi makan pada saat sahur dan juga berbuka secukupnya aja dan kalau mau kenyang lebih lama saat berpuasa itu yang diperhatikan tuh bukan jumlah makanannya tapi jenis makanannya,” tuturnya.

Adapun tips makan sahur yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar tubuh tetap bugar, diantaranya yaitu :

1. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan oat

2. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin harian

3. Perbanyak mengkonsumsi air

4. Perbanyak mengkonsumsi protein untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh dan meningkatkan imun tubuh.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index