Langsung Tidur Usai Sahur Bisa Picu Berbagai Penyakit

Langsung Tidur Usai Sahur Bisa Picu Berbagai Penyakit
Bahaya langsung tidur usai sahur. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Rasa ngantuk kerap kali datang menghantui setelah makan sahur. Bahkan tak jarang banyak orang yang memilih untuk langsung tidur kembali setelah makan sahur.

Tapi ternyata kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk lho untuk kesehatan tubuh. Dokter sekaligus content creator kesehatan dr. Nadia Alaydrus mengungkap bahwa kebiasaan langsung tidur setelah sahur bisa memicu terjadinya obesitas. Sebab, tidur setelah sahur membuat kalori yang tersimpan dalam tubuh menjadi lemak yang menimbun.

“Kalau itu terjadi secara terus-menerus ya akhirnya lemak dalam tubuh itu menumpuk dan akhirnya jadi obesitas,” kata dr. Nadia dikutip dari unggahan dalam akun Instagramnya @nadialaydrus, Senin (18/3/2024).

Bukan cuma itu, kebiasaan langsung tidur setelah sahur juga bisa memicu terjadinya gerd atau asam lambung naik. Sebab pada saat posisi tidur, proses pencernaan makanan jadi lambat. Sehingga secara otomatis produksi asam lambung meningkat untuk mempercepat proses pencernaan makanan.

“Kalau posisi tidur itu akan melonggarkan si klep lambung, makanya bikin asam lambung itu naik,” ujarnya.

Selain itu, sembelit juga memungkinkan untuk terjadi bila kebiasaan ini terus dilakukan. Pasalnya makanan yang menimbun di dalam perut tidak bisa dicerna dengan baik ketika tubuh dalam posisi tidur. Terlebih jika Anda tidak mengkonsumsi serat dan minum air putih yang cukup saat sahur.

“Ditambah lagi risiko sembelit ini biasanya akan meningkat karena kekurangan konsumsi serat dan juga air putih,” katanya.

Dokter Nadia menyarankan untuk tidak langsung tidur dalam waktu dua sampai tiga jam setelah makan sahur. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat mencerna makanan dengan lebih optimal.

 

 

Sumber: Okezone.com
 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index