Tips Jaga Kesehatan Selama Mudik

Tips Jaga Kesehatan Selama Mudik
Tips jaga kesehatan selama mudik. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Bulan suci Ramadan sudah tiba, tentunya semua orang bersiap untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Nah bagi Anda yang merencanakan untuk mudik lebaran, tidak ada salahnya mempersipakan kesehatan sejak jauh-jauh hari.

Selain membuat tubuh fit dalam menjalani puasa, Anda juga dapat bersiap merayakan hari kemenangan. Lantas bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tubuh menjelang mudik lebaran?

Dokter sekaligus Influencer Kesehatan, dr. Fajri Addai membagikan lima cara agar tetap sehat selama perjalanan mudik lebaran dari asupan air minum hingga istirahat. Berikut penjelasannya.

1. Beristirahat dan melakukan peregangan badan

Selama perjalanan 3-4 jam lamanya, pemudik diharapkan berhenti di rest area untuk beristirahat atau sekadar melakukan peregangan badan. Guna menjaga sirkulasi darah dalam tidak terhambat.

"Kalau kelamaan diperjalanan nggak bergerak atau beristirahat bisa menggangu kesehatan, seperti penggumpalan/pembekuan darah di kaki," tuturnya.

2. Meminum Suplemen atau Vitamin

Bagi pemudik yang melakukan mudik perjalanan memang sangat disarankan tetap meminum suplemen atau vitamin. Sebagai penunjang kesehatan agar cakupan vitamin tetap terjaga, disamping asupan sehat.

"Diperbolehkan meminum suplemen vitamin C, atau D, namun tidak mengonsumsi secara berlebih disesuaikan dengan petunjuk obat atau kebutuhan," ucap Dokter Fajri.

3. Makanan 4 Sehat dan 5 Sempurna

Selama perjalanan mudik lebaran, dokter Fajri mengingatkan bagi pemudik tetap memperhatikan asupan sehat, seperti kala sarapan/sahur, makan siang hingga malam.

"Sebenarnya 4 sehat dan 5 sempurna sudah cukup menjaga kesehatan karena ini hal penting," ujar Dr. Fajri.

4. Menjaga Asupan Air Minum

Selama perjalanan mudik lebaran yang jarak tempuhnya berkilo-kilo jam maka membuat seseorang, mudah merasakan haus hingga terganggu konsentrasinya. Dengan itu, dokter Fajri mengimbau agar tetap menjaga asupan air minum, meski harus sering berhenti dianggap tak masalah.

"Tidak masalah bila harus sering berhenti karena banyak minum air putih, sebab banyak rest area. Sebaiknya tetap menjaga asupan air minum agar tidak dehidrasi," katanya.

5. Konsumsi Cokelat

Salah satu pemicu meningkatkan kesehatan dengan menjaga mood tetap stabil. Seperti bisa mengonsumsi manis kaya cokelat, namun tidak secara berlebihan.

Menurut Dokter Fajri konsumsi cokelat selama perjalanan mudik lebaran termasuk upaya menjaga mood dengan tetap sehat, dengan syarat cokelat murni dan tidak berlebihan. "Berlebihan mampu meningkatkan ga darah (ganggu kesehatan)," katanya.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index