Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pekerja saat Cuaca Ekstrem

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pekerja saat Cuaca Ekstrem
Ilustrasi olahraga. (Shutterstock/Warren Goldswain)

Riauaktual.com - Memasuki musim penghujan, masyarakat harus lebih ekstra menjaga kesehatan tubuhnya. Tidak hanya dengan mengatur pola hidup sehat, tetapi beberapa upaya lainnya juga perlu dilakukan untuk menunjang kesehatan.

Ketua Umum PERDOKI, Dr dr Astrid B. Sulistomi, MOH, Sp. Ok, Subsp. NioKO(K) mengatakan ada beberapa upaya yang dapat dilakukan seorang pekerja untuk menjaga kesehatannya terutama dari penyakit menular saat berada di tempat kerja.

Menurutnya, setelah kejadian Covid-19 waktu lalu banyak sekali pembelajaran yang dapat diambil untuk seseorang bisa menerapkan hidup sehat lebih baik lagi daripada sebelumnya. Misalnya dengan pencegahan penyakit.

“Menguatkan diri sendiri juga daya tahan. Daya tahan itu antara lain dengan hidup sehat, makanan yang seimbang, dan memang kalau ada vaksin juga bisa digunakan, terus juga rajin olahraga yang ini mungkin bisa untuk secara umum ya,” kata dr Astrid saat ditemui dalam sela acara Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-16 PERDOKI, di JS Luwansa Hotel Jakarta, Jakarta Selatan, Sabtu 2 Maret 2024

Tidak hanya itu, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, melengkapi vaksinasi mengatur pola makanan gizi seimbang, dan memperbaiki pola hidup sehat juga akan menjadi penting, sehingga dalam hal ini pemeriksaan kesehatan secara berkala harus dilakukan untuk mempertimbangkan risiko yang mungkin bisa terjadi.

Oleh karena itu, para pelaku industri harus mulai menyusun perencanaan pemeriksaan kesehatan yang tentunya dibekali dengan pengetahuan risiko. Sebab dengan begitu, pekerja akan lebih mengetahui kondisi tubuhnya.

“Tidak harus semua pekerja diperiksa semuanya, sesuai risikonya ada pekerjaan-pekerjaan khusus yang perlu diperiksa. Misalnya, kena bising mungkin perlu pemeriksaan pendengaran,” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua Pelaksana 16th Indonesian Occupational Medicine Update (IOMU) 2024, dr Wening tri Mawanti, Sp.Ok menambahkan pemenuhan gizi seimbang dan istirahat yang cukup juga dapat membantu pekerja menjaga daya tahan tubuhnya.

Karena makanan yang dikonsumsi akan menjadi pelengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, jika tubuh dirasa sudah mulai menunjukkan kondisi tidak baik-baik saja konsumsi vitamin juga diperbolehkan dalam kondisi ini.

“Kalau kondisi badan kita sudah drop ekstra vitamin boleh. Artinya yang buatan, kalau alami sebenarnya makanan sehari-hari sudah cukup,” tutur dr Wening.

 


 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index