Orangtua Wajib Jaga Kebersihan Mulut Bayi meski Belum Punya Gigi

Orangtua Wajib Jaga Kebersihan Mulut Bayi meski Belum Punya Gigi
Manfaat menjaga kebersihan mulut bayi. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Orangtua tidak hanya wajib membersihkan tubuh bayi, namun perlu juga memperhatikan kebersihan mulut si kecil. Bayi yang berusia di bawah enam bulan masih mendapatkan nutrisi dari ASI dan variasi makanannya belum banyak.

Bahkan bayi pada kelompok usia tersebut juga masih banyak yang belum memiliki gigi. Akan tetapi, mulutnya harus tetap dibersihkan, sebab mulut bisa menjadi sumber perkembangan bakteri jika tidak dibersihkan.

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak, drg. Aliyah, Sp.KGA menyarankan para orangtua khususnya para ibu untuk membersihkan mulut sang buah hati setiap habis mengasihi. Jangan hanya membersihkan bagian luar mulut, tetapi bagian dalam seperti lidah dan gusi juga dibersihkan.

“Perlu, dari mulai bayi lahir saranku adalah buat para mama nih harus selalu membersihkan giginya setiap habis mengasihi gitu. Karena rongga mulut itu tadi jendela untuk organ dalam,” jelas drg. Aliyah dikutip dari podcast Moms Corner di kanal Youtube Nikita Willy, Selasa (27/2/2024).

Dokter Aliyah menjelaskan bahwa rongga mulut menjadi salah satu organ yang penting untuk membawa masuk nutrisi dari makanan dan minuman ke dalam tubuh anak. Sehingga jika mulutnya kotor, maka bakteri yang ada bisa ikut masuk ke dalam tubuh si kecil.

“Dari mulai awal, ASI itu kan memang ada gulanya, tetapi berbeda dengan susu. Bagaimanapun itu merupakan makanan utama untuk bayi. Namanya makanan itu harus tetap dibersihkan,” katanya.

Dia pun membagikan tips untuk membersihkan area mulut bayi dengan menggunakan kasa atau kapas bulat yang berbentuk seperti bola. Anda hanya tinggal mencelupkan kapas tersebut ke air hangat yang matang. Lalu bersihkan area mulut dengan lembut.

“Caranya mudah banget sebenarnya pakai kasa atau kapas cotton ball. Sediakan selalu di saat sedang mengasihi itu air matang. Lalu dicelupkan, setelah dia kira-kira sudah mulai tidur boleh mulai bersihkan area gusinya,” tuturnya.

Disarankan untuk membersihkan gusi, lidah, serta langit-langit mulut anak setiap dua hari sekali, persis seperti sikat gigi pada umumnya. Anda bisa membersihkannya saat anak sedang tidur atau ketika anak bermain agar lebih leluasa.

“Kalau awal-awal tuh biasanya aku mengajarkannya ditetes-tetes aja tetapi pada saat dia lagi main-main itu mulai membersihkan tetap dua kali sehari seakan-akan dia sudah ada giginya jadi dua kali sehari itu proses pembersihannya menyeluruh di gusi, lidah, dan langit-langit gitu,” ujarnya.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index