USG Dapat Membahayakan Janin? Berikut Faktanya

USG Dapat Membahayakan Janin? Berikut Faktanya
USG berbahaya bagi janin? (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Beranekaragam mitos seputar kesehatan terus menuai pro dan kontra di masyarakat, salah satunya tentang USG. Tak sedikit masyarakat dibuat bingung dengan mitos USG yang berbahaya bagi jani.

Tak heran banyak masyarakat berpendapat bahwa melakukan USG terlalu sering dinilai membahayakan janin didalam kandungan. Hal ini akibat adanya radiasi yang dipercaya dapat mengganggu perkembangan janin.

Lantas apakah hal itu benar?

Menurut Dokter Obgyn, dr Novan Satya Pamungkas, SpOG, Subsp. KFM menjelaskan kondisi itu tidak benar adanya. Karena USG hanya menggunakan gelombang suara, tidak menggunakan radiasi. Sehingga aman untuk digunakan.

“Bahayanya cuma buat kantong suaminya, kalau buat janinnya sih nggak. Karena USG itu tidak menggunakan radiasi, dia hanya menggunakan gelombang suara. Asalkan pemakaiannya rasional,” kata dr Novan dikutip dalam acara Media Discussion 'Kehamilan Risiko Tinggi', di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan belum lama ini.

Lebih lanjut, dr Novan mengatakan kalau USG juga biasanya tidak dilakukan terus-menerus atau dalam durasi lama, karena itulah yang dianggap aman.

Namun apabila USG itu dilakukan dengan durasi lama atau selama berjam-jam, maka kondisi itu dapat menyebabkan janin menjadi berisiko mengalami kecacatan.

“Kan gak ada tuh orang USG sampai berjam-jam itu kan gak ada. Kalau lebih dari enam jam baru ada efeknya ke janin. Tapi kalau dibawah satu jam atau 30 menit paling lama itu sih aman tidak ada risiko kecacatan janin,” ucap dr Novan.

 

Sumber: okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index