Heboh Kandungan Bromat pada Air Minum Dalam Kemasan, Apa Itu?

Heboh Kandungan Bromat pada Air Minum Dalam Kemasan, Apa Itu?
Air minum dalam kemasan. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan isu kandungan senyawa Bromat yang ada di dalam air minum dalam kemasan (AMDK). Senyawa tersebut disebut-sebut dapat menyebabkan kanker dan tumor.

Isu tersebut ramai setelah akun TikTok @Geraldvincentt kemudian mengungkap besaran jumlah Bromat terhadap 10 merek dagang AMDK. Dalam penjelasannya itu, diketahui ada beberapa AMDK yang kandungan bromatnya melebihi ambang batas yang ditetapkan BPOM sebesar 10 mikrogram per liter.

Bahkan salah satu produk AMDK memiliki kandungan Bromat mencapai 58,8 mikrogram per liter. Seperti diketahui, Bromat sendiri merupakan senyawa hasil samping anorganik yang keberadaannya di dalam air minum harus diperhatikan. Sebab sifatnya yang berpotensi karsinogen.

“Bromat kalau masuk ke tubuh bisa bikin kanker dan tumor bahkan ahli sempat ingatkan bahaya bromat di air minum kemasan,” tulis akun tersebut.

Akun tersebut pun menjelaskan ciri-ciri minuman yang mengandung Bromat dengan kadar tinggi.

“Ternyata Bromat sifatnya manis di lidah, makanya kalau air mineral ada manis-manisnya berarti kamu tau sekarang kandungannya apa,” kata akun tersebut.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index