Mitos atau Fakta, Bawang Merah Bisa Obati Demam Pada Anak?

Mitos atau Fakta, Bawang Merah Bisa Obati Demam Pada Anak?
Bawang Merah. (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Bawang merah ternyata tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tapi juga bisa menurunkan demam pada anak. Biasanya mereka akan menempelkan potongan bawang itu langsung pada ke kulit anak agar diharapkan rasa hangat yang ditimbulkan dari bawang bisa menyerap atau menghilangkan demam tersebut.

Lantas apakah itu benar? Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus mengatakan pada beberapa kasus kondisi ini memang bisa dibilang mitos ataupun fakta.

“Mitosnya memang bawang merah itu tidak bisa menurunkan demam secara langsung walaupun emang rasanya tuh hangat, tapi ingat ya kalau bawang merah yang bersentuhan langsung pada kulit itu bisa bikin iritasi,” kata dr Nadia dikutip dalam akun TikToknya @nadialaydrus.

Menurutnya, jika kulit sudah menimbulkan reaksi iritasi maka ia dapat muncul kemerahan atau bahkan mengelupas pada bagian kulit tersebut. Sehingga dalam kalangan medis cara ini tidak dianjurkan untuk dibalurkan langsung pada bagian kulit.

“Tapi memang faktanya seperti bawang merah ataupun minyak kayu putih itu bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan sehingga bisa membantu melebarkan pembuluh darah, jadi panas tubuh tuh lebih gampang mereda yang penting pastikan kulit itu tidak alergi terhadap bawang merah,” ucap dr Nadia.

Untuk itu, dr Nadia menyarankan apabila seorang anak mengalami demam kondisi itu lebih dianjurkan menggunakan cara lain seperti memenuhi kebutuhan cairan berupa konsumsi air putih, jus buah, dan susu.

Namun, jika ingin dilakukan pengompresan ada baiknya menggunakan kompres hangat agar tidak membuat tubuh anak menggigil saat dilakukan kompres. Hal itu lantaran kompres hangat dapat membantu menormalkan kembali suhu tubuh.

“Karena kalau dikompres dingin yang ada makin menggigil atau kalau demam itu pada anak atau juga bayi itu bisa dengan melakukan metode skin to skin, ini juga termasuk cara yang efektif untuk membantu menurunkan demam,” tuturnya.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index