Pekanbaru Masih Berpotensi Hujan, Masyarakat Diimbau Waspadai Bencana Banjir

Pekanbaru Masih Berpotensi Hujan, Masyarakat Diimbau Waspadai Bencana Banjir
Kalaksa BPBD Pekanbaru, Zarman Candra

Riauaktual.com - Masyarakat Kota Pekanbaru diimbau tetap mewaspadai bencana banjir, terutama bagi mereka yang bermukim di daerah aliran sungai. Banjir masih bisa terjadi karena hujan berpotensi turun dalam pekan ini. 

Curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di Kota Pekanbaru, dan beberapa kabupaten lainnya di Provinsi Riau.

"Kita imbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, terutama di wilayah rawan banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Minggu (18/2/2024). 

Ia menuturkan, langkah mitigasi dilakukan Pemko Pekanbaru bersama pihak terkait. Pemerintah kota juga memperpanjang status siaga darurat banjir hingga 29 Februari 2024 mendatang.

Mereka memperpanjang status siaga darurat karena mempertimbangkan kondisi cuaca yang diprediksi BMKG masih penghujan.

Walau demikian, kata Zarman beberapa hari ini hujan cukup deras melanda sehingga tim pun turun ke lokasi rawan banjir. Zarman memastikan untuk saat ini belum ada kawasan rawan yang terdampak banjir.

Namun di sejumlah lokasi yang terdampak pasang Sungai Siak masih terjadi, khususnya di wilayah Kecamatan Rumbai. Zarman mengingatkan warga di sekitar pesisir sungai tetap berhati-hati dengan ancaman pasang sungai.

Ia menjelaskan, bahwa hujan yang terjadi tidak berlangsung sepanjang hari. Tapi hujan yang terjadi juga diselingi cuaca panas setiap harinya dengan intensitas ringan hingga sedang. 

"Kami tetap komunikasi dengan BMKG terkait potensi hujan di pekan depan. Langkah mitigasi tetap dilakukan," ungkap Zarman. 

Oleh sebab itu, pihaknya mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terutama yang berada di wilayah rawan banjir. Mereka harus waspada selama pemberlakuan status siaga darurat banjir di Kota Pekanbaru.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index