Ada Segudang Manfaat Tidur dengan Posisi Miring

Ada Segudang Manfaat Tidur dengan Posisi Miring
Manfaat tidur dalam posisi miring bagi kesehatan. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Tidur dalam kondisi miring digemari oleh beberapa orang. Selain terasa nyaman, ternyata tidur miring juga dianggap memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh lho.

Hal itu pun dibenarkan oleh Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus. Dia menjelaskan pada kondisi kesehatan tertentu, seseorang memang bisa mendapatkan manfaat baik dari kebiasaan tidur miring. Salah satu manfaat tersebut yaitu mencegah sakit lambung.

“Yang pertama itu bisa membantu untuk mencegah sakit lambung, posisi lambung itu kan cenderung ada di posisi kiri tubuh nah kalau tidurnya itu terlentang atau miring ke kanan cairan dari asam lambung itu bisa naik dan menimbulkan gejala GERD. Makanya kalau Anda suka asam lambungnya naik dianjurkan tidurnya tuh miring ke kiri,” kata dr Nadia, dikutip dalam akun TikToknya @nadialaydrus, Minggu (11/2/2024).

Lebih lanjut, manfaat kedua yaitu pada ibu hamil akan mengurangi nyeri dan membuat janin lebih cepat turun kebawah. Sebab, adanya tekanan dari janin bisa membuat ibu hamil tidak nyaman. Maka dari itu kebanyakan ibu hamil dianjurkan tidur dalam posisi seperti ini.

Tidak hanya itu, dr Nadia mengatakan manfaat lainnya tidur dalam posisi miring juga dapat membantu seseorang mengurangi kebiasaan ngorok atau mendengkur. Ditambah dalam posisi ini dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri punggung.

“Nah terus juga buat orang-orang yang ngorok, ini bisa bantu untuk menghindari ngorok. Karena kalau tidurnya terlentang, bikin lidah jatuh kebelakang dan menutup saluran napas, makanya seseorang tuh jadi ngorok. Dan yang terakhir itu juga bisa mengurangi nyeri punggung,” ucap dr Nadia.

 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index