Kebiasaan Makan Tengah Malam Bisa Picu Stroke

Kebiasaan Makan Tengah Malam Bisa Picu Stroke
Kebiasaan makan tengah malam bisa picu stroke. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Lapar di tengah malam merupakan salah satu kondisi yang sering dialami sebagian masyarakat. Meskipun terlihat sepele, tetapi kebiasaan ini ternyata tidak boleh dilakukan secara terus-menerus.

Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan kebiasaan makan tengah malam bisa memicu terjadinya masalah kesehatan. Apalagi, jika seseorang melakukan hal tersebut tanpa diimbangi dengan aktivitas yang cukup.

“Nah tapi sebenarnya makan di atas jam 10 malam itu juga nggak baik. Karena bagaimanapun juga kalau kalian makan banyak di malam hari dan nggak diimbangi nih sama aktivitas yang cukup selain berat badan itu naik, kolesterol dan juga trigliserida itu juga ikut meningkat,” kata dr Nadia, dikutip dalam akun TikTok miliknya @Nadialaydrus, Jum'at (9/2/2024).

Lebih lanjut, masalah kesehatan lainnya yang kemungkinan bisa timbul akibat seseorang sering konsumsi makanan di tengah malam adalah seperti stroke dan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

“Orang yang sering makan di malam hari itu cenderung mengalami peningkatan glukosa dalam darah yang akhirnya justru bikin energi itu malah jadi berkurang, belum lagi kalau malam hari itu cenderung orang-orang lebih suka makan makanan yang instan dan gizinya itu kurang,” ucap dr Nadia.

Lantas bagaimana jika seseorang merasakan lapar di tengah malam?

Dokter Nadia menyarankan agar sebaiknya menghindari makanan seperti junk food jika memang ingin konsumsi makanan. Selain itu, pilih lah makanan sehat seperti buah-buahan seperti apel, kacang-kacangan.

Karena makanan itu bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, dan tidak lupa juga memberi jeda antara makan dan tidur itu minimal dua jam agar perut memiliki waktu untuk memproses terlebih dahulu makanan yang masuk sebelum Anda memutuskan untuk tidur.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index