Olahraga dapat Memperpanjang Usia Seseorang, Berikut Faktanya

Olahraga dapat Memperpanjang Usia Seseorang, Berikut Faktanya
Olahraga dapat memperpanjang usia. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Berolahraga tiap pagi sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ternyata hal tersebut bukanlah isapan jempol semata lho. Olahraga ternyata memang bisa memperpanjang hidup seseorang.

Menurut Perawat sekaligus Healthy Educator, Rizal Do menjelaskan hal itu dikarenakan VO2 Max. VO2 Max yaitu ukuran seberapa banyak oksigen yang dipakai seseorang jika sedang berolahraga. Sehingga hal itu akan membantu Anda mengetahui seberapa fit tubuh Anda yang sebenarnya sedang dijalani.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya harus membuat jantung bisa memompa lebih banyak darah tiap kali berdetak. Sebab, dengan lebih banyak darah, itu berarti oksigen yang dimiliki juga lebih banyak. Sehingga bahan bakar untuk tubuh mempunyai kapasitas lebih banyak yang bisa membuat Anda bekerja keras.

“Katakanlah Anda baru mulai, berarti jangan langsung ngebut. Mulai dulu dengan intensitas rendah, kayak jalan cepat atau bersepeda santai. Ini bakal bantu jantung Anda terbiasa dengan kerja lebih lama tanpa terlalu capek,” kata Rizal Do, dikutip dalam akun X miliknya @afrkml, jumat (9/2/2024).

Meskipun durasi awal belum terlalu banyak, tetapi utamakan agar berfokus terlebih dahulu di bagian waktu, dan bukan di seberapa keras Anda berlatih. Misalnya berlari selama satu jam dengan kecepatan yang bisa bikin membuat seseorang dapat mengobrol daripada berlari selama 20 menit sprint tetapi terasa capek dan ngos-ngosan.

Lebih lanjut, maka dalam kondisi ini menurut Rizal Do konsisten adalah menjadi kuncinya. Akan tetapi, jika Anda sudah mulai terbiasa serta melakukannya secara rutin dan teratur, maka Anda bisa mulai meningkatkan durasi atau jarak latihan.

“Misalnya daripada latihan keras sekali seminggu mendingan latihan ringan tapi sering, kayak lima kali seminggu. Nanti kalau udah mulai nyaman dengan rutin latihan, mulai tambah durasi atau jarak latihan sedikit demi sedikit. Contohnya tiap minggu tambah lima menit di lari Anda,” ucap Rizal Do.

 

 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index