Konsumsi Emping Picu Asam Urat dan Obesitas? Berikut Faktanya

Konsumsi Emping Picu Asam Urat dan Obesitas? Berikut Faktanya
Konsumsi emping sebabkan asam urat. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Emping merupakan salah satu cemilan berbahan dasar biji melinjo. Emping biasanya digunakan sebagai pelengkap berbagai makanan karena rasanya yang khas yakni gurih-gurih pahit.

Meski rasanya lezat, mengonsumsi emping dalam jumlah banyak ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Konon emping bisa meningkatkan asam urat. Lantas benarkah hal itu?

Menurut Apoteker sekaligus Healthy Educator, Rinaldi Nur Ibrahim, emping sama seperti kedelai. Ternyata melinjo juga memiliki senyawa purin yang tinggi yaitu bekisar antara 50 hingga 150 mg per 100mg sajian.

“Mengonsumsi emping melinjo dalam jumlah yang cukup banyak terbukti dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah,” kata Rinaldi, dikutip dalam akun TikToknya @rinaldinurofficial, Kamis (25/1/2024).

Makanan yang tinggi purin dapat menjadi pemicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Saat purin dipecah dalam tubuh maka tubuh akan membentuk asam urat penumpukkan asam urat yang berlebihan akan membentuk kristal pada persendian.

Itulah yang menyebabkan radang sendi dan kondisi yang dikenal dengan nyeri asam urat. Meskipun demikian, itu bukan berarti untuk pecinta makanan tersebut tidak boleh mengonsumsinya. Emping masih boleh dikonsumsi dengan syarat tidak boleh lebih dari 100 gr atau setara dengan 10 keping ukuran kecil dalam sehari.

Selain itu, fakta lain tentang emping itu sendiri selain dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah, emping juga mengandung kalori yang tinggi yaitu dalam 100gr emping nya mengandung paling tidak 350 kalori.

“Jadi bukan hanya terserang penyakit asam urat, tapi kamu juga bisa mengalami obesitas, dan penyakit kardiovaskuler lainnya,” ucap Rinaldi.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index