Kapolres Inhu Perintahkan Para Kapolsek Produktif dan Teliti Kawal Pemilu Damai

Kapolres Inhu Perintahkan Para Kapolsek Produktif dan Teliti Kawal Pemilu Damai
Kapolres Inhu Perintahkan Para Kapolsek Produktif dan Teliti Kawal Pemilu Damai

Riauaktual.com - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu) AKBP Dody Wirawijaya memerintahkan anak buahnya untuk produktif dalam mengawal Pemilu agar berlangsung damai.

"Saya berharap rekan-rekan Kapolsek dapat produktif dalam pelaksanaan giat Pemilu. Untuk masalah TPS, sama-sama kita persiapkan TPS. Untuk warga binaan kita harus kita tetapkan lagi. Masalah pengawalan harus kita latihkan lagi dan Kapolsek harus ikut dalam pengawalan. Masalah Konflik harus segera kita antisipasi. Untuk Teknis tolong diarahkan segera," kata Dody, Rabu (24/1).

Selain itu juga mengharapkan kepada seluruh jajaran Forkopimda Inhu dapat saling bersinergi dalam menghadapi Pemilu 2024.

Dody menyampaikan instruksi tersebut usai coffee morning yang digelar Kepolisian Daerah (Polda) Riau bersama Forkopimda se-Riau di Aula Sanika Satyawada Polres Inhu, Rabu (24/1). Seluruh instansi yang berkaitan dengan Pemilu juga ikut hadir secara daring melalui zoom meeting.
 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Danrem 031/WB Brigjen TNI M Syech Ismed, Sekda Inhu Hendrizal, Ketua KPUD Inhu Yeni Mayrida dan Ketua Bawaslu Inhu Dedi Risanto.
 

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal menyampaikan beberapa atensi kepada seluruh jajaran Polda Riau dan Polres jajaran dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024.

"Atensi terkait ketersediaan logistik Pemilu, profesionalisme SDM (kesehatan dan produktivitas) agar siap dan tangguh melaksanakan manajemen pamwal semua tahapan. Baik menjelang, hingga pada saat dan pasca-pelaksanaan pungutan suara," kata Iqbal.

Iqbal juga meminta anggotanya agar memiliki ketajaman prediksi seperti potensi konflik, bencana alam dan gangguan keamanan.

Polisi juga diminta melakukan sosialisasi kehadiran masyarakat di TPS, kerja sama dengan Pemda dan KPU.

"Saya juga mengapresiasi kepada Pemda yang telah melaksanakan roadshow ke PPK dan PPS," ujar Kapolda Riau.

Sementara itu, Sekda Inhu menyampaikan bahwa Pemkab Inhu menyiapkan kendaraan mobil double cabin untuk membantu mengangkut logistik pemilu yang akan dikirim ke Desa Serangge dan Kecamatan Batang Cenaku.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan KPU Inhu untuk mewaspadai wilayah perbatasan, di mana TPS-nya berada di Kabupaten Kuansing tetapi pemilihnya berdomisili di Inhu. Begitu juga dengan perbatasan Inhu-Inhil dan Inhu-Jambi," ujar Hendrizal.
 

Ketua KPU Inhu Yeni Mayrida menyampaikan bahwa pihaknya akan mempercepat distribusi logistik Pemilu.

Selain itu, pihaknya juga telah menetapkan 176 TPS rawan banjir yang terdampak di lima Desa di tiga Kecamatan di Kabupaten Inhu.

"Terdapat juga 52 TPS yang belum dialiri listrik," ujar Yeni Mayrida.
 

#POLISI PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

POLISI PEMILU

Index

Berita Lainnya

Index