Setelah Kehujanan Boleh Langsung Mandi?

Setelah Kehujanan Boleh Langsung Mandi?
Mandi setelah kehujanan, (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Memasuki musim hujan, membuat sejumlah masyarakat seringkali kehujanan ketika sedang beraktivitas terutama ketika berada di luar ruangan.

Umumnya, setelah kehujanan banyak orang biasanya langsung mandi dan keramas. Namun mungkin sebagian orang menyakini tidak boleh langsung mandi, karena sudah basah kuyup oleh hujan dan jika langsung mandi dikhawatirkan bisa masuk angin.

Lantas sebenarnya langkah manakah yang tepat, seusai tubuh diguyur hujan, benarkah tidak diperbolehkan langsung mandi?

Dilansir dari laman Nurture, Selasa (9//1/2024) jika tubuh basah kuyup atau kebasahan usai kehujanan justru disarankan untuk segera mandi. Mengapa demikian? Disarankan langsung mandi setelah kehujanan agar dengan mandi akan mengatur suhu tubuh untuk kembali normal, dan akan terhindar dari berbagai penyakit seperti demam, pilek, batuk, atau bahkan flu.

Selain itu, dikutip dari laman resmi Hermina Hospital yang telah ditinjau secara medis oleh dr Yosephine Yossy, SpPD-KEMD, dengan mandi membersihkan tubuh setelah kehujanan atau hujan-hujanan bisa menghilangkan senyawa asam yang dibawa oleh hujan.

Tak hanya menghilangkan senyawa asam yang dibawa oleh hujan, tapi dengan langsung mandi setelah kehujanan juga agar terhindar dari kotoran dan virus penyebab penyakit. Setelah mandi bersih, langsung berpakaian kering dan bersih tujuannya agar suhu tubuh tidak semakin dingin dan membuat daya tahan tubuh menurun.

Lantas apakah dengan mandi saja cukup membuat tubuh sehat usai hujan-hujanan? Tentu tidak, adapun beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai perlindungan ekstra menjaga daya tahan tubuh tetap sehat, yakni;

1. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat: Demi menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Hindari makanan yang memiliki rasa asam dan pedas terlalu banyak serta minuman dingin pada musim hujan.

Namun, jika Anda terlanjur kehujanan disarankan agar mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat seperti sup, susu hangat, wedang ronde atau sekoteng. Ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh saat kehujanan.

Air jahe juga cocok diminum saat tubuh dalam keadaan dingin, karena dapat berfungsi menghangatkan tubuh sehingga mencegah terkena flu.

2. Minum air mineral: Berfungsi melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan virus melalui urine dan keringat, akhirnya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta mencegah seseorang agar tidak mudah terserang penyakit.

3. Istirahat cukup: Setelah mandi dan mengonsumsi makanan atau minuman hangat, disarankan langsung beristirahat. Istirahat yang cukup dapat memulihkan stamina dan mengembalikan daya tahan tubuh setelah kehujanan.

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index