Berikut 4 Aturan Makan yang Bisa Turunkan Berat Badan dengan Mudah

Berikut 4 Aturan Makan yang Bisa Turunkan Berat Badan dengan Mudah
Tips diet turunkan berat badan. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Memilki berat badan ideal adalah dambaan semua orang. Selain membuat tubuh terlihat bagus, berat badan yang ideal pun membantu menyehatkan tubuh. Maka tidak heran jika seseorang berlomba-lomba menurunkan berat badan.

Namun, menurunkan berat badan masih sering dianggap sulit oleh beberapa orang. Hal ini lantaran banyak yang sudah melakukan berbagai usaha, tetapi tidak membuahkan hasil. Walaupun demikian, Anda tidak boleh menyerah.

Susie Burrel, seorang ahli diet Australia dan penulis The 30-Day Reset Plan menyampaikan ada empat aturan makan yang sebenarnya bisa membantu menurunkan berat badan dengan mudah. Lantas apa saja empat aturan makan yang bisa turunkan berat badan tersebut? Simak rangkuman informasinya dari New York Post, Rabu (3/1/2024) berikut ini.

1. Batasi makanan manis, hanya sekali sehari

Mengonsumsi terlalu banyak gula telah terbukti meningkatkan risiko terjadinya obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kerusakan gigi, jerawat, tekanan darah tinggi, peradangan kronis, dan banyak penyakit lainnya. melepaskan makanan manis untuk selamanya. Alangkah baiknya untuk batasi diri Anda untuk menikmatinya pada waktu tertentu dalam sehari.

Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2020-2025 merekomendasikan untuk membatasi kalori dari gula tambahan hingga kurang dari 10% setiap hari. Untuk diet 2.000 kalori, itu berarti harus mengurangi 200 kalori atau sekitar 12 sendok teh.

2. Hindari makanan yang digoreng

Burrell mengatakan Anda harus menghindari makanan yang digoreng dan memilih sayuran 

“Apakah Anda memilih potongan ayam, atau semangkuk burrito nasi sayur, atau makanan beku kaya sayuran, Anda akan menambahkan beberapa nutrisi ke dalam hari Anda dan membuat pilihan yang jauh lebih sehat daripada makanan gorengan, penawaran burger, atau pizza yang Anda pesan," kata Burrell kepada The Mirror.

Sebuah penelitian mengaitkan makanan yang digoreng, terutama kentang renyah memiliki risiko kecemasan dan depresi yang lebih besar.

3. Menjauhkan diri dari alkohol sampai hari Kamis

Alkohol mengandung tujuh kalori per gram dan bahkan mengandung lebih banyak kalori lagi jika ditemukan dalam mixer koktail. Untuk itu, alkohol tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Burrell menyarankan untuk menunggu hingga Kamis untuk minum, bahkan mengizinkan segelas anggur setiap malam setelah makan malam.

“Makanlah makanan terakhir Anda hari ini sedini mungkin, dan nikmati satu hingga dua minuman beralkohol tanpa makanan tambahan saat Anda menikmati minuman di malam hari,” katanya.

4. Manjakan diri hanya dengan satu kopi dengan susu sehari

Dia merekomendasikan memperlakukan kopi rasa susu sebagai sepotong roti panggang yang biasa disantap setiap pagi. Jadi, dirinya hanya memperbolehkan untuk minum kopi susu hanya sehari sekali yakni kala sarapan. Anda disarankan untuk menikmati satu potong dengan secangkir kopi yang ditambah susu.

Alasan minum kopi susu harus dibatasi yakni lantaran kandungan gula dan susunya yang terlalu tinggi bisa menyebabkan berat badan sulit turun. Bahkan, bisa juga mengundang berbagai penyakit di dalam tubuh.

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index