Utamakan UMKM dan Kesejahteraan Masyarakat

Dewan Minta Pembangunan Pasar Jangan Hanya untuk Bisnis

Dewan Minta Pembangunan Pasar Jangan Hanya untuk Bisnis
Ir Nofrizal MM

PEKANBARU (RA) - Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Ir Nofrizal MM menegaskan, setiap pasar yang dibangun Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru harus sesuai dengan tujuan awal, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). Dimana, tidak selalu mengedepankan aspek bisnis yang imbasnya akan menggusur pedagang kecil.

"Kita tak ingin pasar yang dibangun hanya akan menampung pedagang menengah keatas saja. Sehingga pedagang kecil tergusur membuat mereka berjualan ke jalan karena ketidaksanggupan membeli atau menyewa kios yang begitu mahalnya, ini tentunya akan menimbulkan persoalan yang sangat komplek ketika mereka harus berjualan di badan jalan dan menjadi pedagang kaki lima," ungkap Nofrizal ketika dikonfirmasi Jumat (10/8).

Dikatakannya, salah satu pasar yang saat ini tengah dibangun adalah Pasar Cik Puan. Dengan pembangunan pasar ini, Nofrizal berharap, pasar tersebut dapat diteruskan pembangunannya dengan menggunakan dana APBD Kota Pekanbaru ataupun APBD Provinsi Riau. Sebab, masalah pembangunan tak ada masalah, sedangkan dalam pengelolaan, tentu dalam hal pasar tradisional, Pemko Pekanbaru yang memiliki kewenangan. Hal ini tidak boleh dipersulit guna mengedepanan kesejahteraan masyarakat Kota Pekanbaru yang juga masyarakat Riau.

"Sedang pengelolaan ini dapat diserahkan kepada Pemko Pekanbaru melalui perusahaan daerah dengan aset yang ada ini menjadi penyertaan modal pemerintah tanpa harus mencari investor dan pihak ketiga. Karena ini sejalan dengan rencana Pemerintah Kota Pekanbaru yang akan menyerahkan pengelolaan seluruh pasar pemerintah ke perusahaan daerah, dimana ini telah dikaji secara mendalam baik dari Pemko dan DPRD Pekanbaru," terang politisi PAN tersebut.

Ditambahkannya, semangat pemerintah pusat dalam hal menggerakkan pererkononian masyarakat dengan membiayaan pembangunan pasar tradisional di setiap daerah harus disambut positif oleh Pemerintah Provinsi Riau, yakni dengan cara membantu menganggarkan untuk percepatan pembangunan Pasar Cik Puan dan juga Pemko Pekabaru segera merealisasikan penyelesaiannya dengan menggandeng Pemprov Riau dalam hal pendanaan.

"Dengan diikutsertakannya Pemprov Riau dalam hal pembangunan, tentunya inilah bentuk kerjasama Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru dalam hal menyelesaikan persoalan Pasar Cik Puan dan mensejahterakan masyarakat Riau," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index