Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Gandeng Ombudsman dan PLN, KAHMI Rohul Gelar Seminar Sektor Kelistrikan

Gandeng Ombudsman dan PLN, KAHMI Rohul Gelar Seminar Sektor Kelistrikan

Riauaktual.com - Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat dan generasi muda dalam sektor pengembangan kelistrikan dan mengedukasi terkait tugas dan fungsi Ombudsman Republik Indonesia, Korps Alumni HMI (KAHMI) Rokan Hulu gelar seminar daerah, di Hotel Sapadia, Pasir Pengaraian, Rokan Hulu, Sabtu (17/06/2023).

Dalam kegiatan seminar daerah ini KAHMI Rokan Hulu menggandeng Perusahaan Listrik Negara (PLN), Ombudsman Riau dan Pemerintah Daerah Rokan Hulu untuk mengedukasi Masyarakat dan generasi muda Rokan Hulu.

Seminar ini turut dihadiri oleh Asisten 1 Setda Rohul H Fhatanalia, Plt Kadishub Rohul Minarli Ismail, Sekjen KAHMI Riau Jenewar Efendi, Ketua KAHMI Rohul Lufita Nur Alfiah, tokoh masyarakat, serta unsur Pemuda dan Mahasiswa.

Komisioner Ombudsman RI Hery Susanto menjelaskan dengan adanya edukasi, sosialisasi dan konsultasi yang dilakukan oleh Kahmi Rohul tersebut memberikan pemahaman kepada masyrakat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk pencerdasan masyarakat terkait apa yang sudah dilakukan PLN sebagai penyelenggara pelayanan publik di sektor kelistrikan," katanya.

"Masyarakat pun wajib tau, kalaupun dalam kurang dalam pelayanannya tentunya ini menjadi tugas PLN sebagai penyelenggaran pelayanan publik, misalnya apakah di Rohul sudah 100 persen desa desa yang ter alari listrik, dengan adanya diskusi ini menjadi terang benderang. Kalaupun kurang tentu harus diselesaikan sesuai dengan target yang sudah ditentukan di tahun 2023," ucap Hery.

Hery menambahkan bahwa adanya laporan ke Ombudsman terkait kelistrikan yang paking banyak terkait permasalahan pemasangan baru , termasuk P2Tl, penertiban penggunaan listrik yang mana ada warga yang tidak tertib dalam menggunakan listik misalnya penggunaan listrik ilegal.

"Dengan banyaknya generasi muda yang hadir pada diskusi hari ini sangat positif untuk menambah literasi, Pengetahuan dan juga bisa berperan aktif dalam pengawasan pelayanan publik," pungkas Komisioner Ombudsman RI.

Sementara itu, Ketua KAHMI Rohul lufita Nur Alfiah menyebutkan bahwa kepesertaan dalam kegiatan tersebut sangat membludak dan membuktikan bahwa antusiasme dari masyarakat Rohul dalam mengupas terkait dengan tugas dan fungsi Ombudsman  dan kelistrikan yang ada di Rokan Hulu.

"KAHMI Rohul memandang bahwa listrik merupakan kebutuhan listrik sebagai energi bangsa maka dari itu diadakan kegiatan ini dikaitkan dengan Layanan  publik yang dinaungi Ombudsman dan masyarakat banyak yang kurang tau dengan apa itu ombudsman, maka dari pada itu kita berikan edukasi berupa kegiatan seminar daerah yang ditaja pada hari ini," tutur Lufita.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index