Membengkak, Warga Pekan Heran Inhu Keluhkan Tagihan PDAM Capai Jutaan Rupiah per Bulan

Membengkak, Warga Pekan Heran Inhu Keluhkan Tagihan PDAM Capai Jutaan Rupiah per Bulan
Ilustrasi

Riauaktual.com - Beberapa waktu belakangan, warga Rengat Barat, Desa Pekan Heran, Indragiri Hulu dibuat terperangah oleh tagihan air PDAM yang membengkak dan dinilai tak wajar

Seperti yang keluhkan salah seorang warga, Nelti (28). Tagihan air di rumahnya membengkak hampir 5 kali lipat pada bulai Mei ini.

Dikatakannya, terhitung dari beberapa bulan terakhir tagihan air miliknya terbilang normal normal saja, denga. riwayat tagihan air rata-rata sekitar Rp150 ribuan. Namun, di bulan mei 2023 ini ia dibebankan tagihan sebesar Rp937 ribu.

"Iya lah memberatkan banget untuk ukuran desa, soalnya hampir 5 kali lipat ongkos jasa air rata-rata pelanggan seperti pada umum nya" kata Nelti, Minggu (28/05/2023).

Berdasarkan pengakuannya, tagihan air di rumahnya membengkak lantaran ia dibebankan menggunakan air sebesar 125 meter kubik air. Namun, jumlah itu menurut Nelti tak lazim. Sebab, berdasarkan riwayat penggunaan air yang tercatat di PDAM setempat, yakni rata-rata 56 meter kubik.

Dia juga berpendapat, angka 125 meter kubik air itu setara dengan 36 unit mobil truk pengangangkut air isi ulang 3500 liter. Jumlah itu menurutnya, tak mungkin dihabiskan oleh pelanggan golongan rumah di biasa.

Angka itu enggak logis bagi saya. Sebab air tidak mengalir selama 24 jam, hanya 12 jam pada malam hari air baru mengalir, itupun hanya dipakai untuk memenuhi kebutuhann 2 buah rumah," ujar dia.

"Terus penggunaan air bulan ini dengan bulan-bulan sebelumnya juga sama aja, enggak berlebihan," sambungnya.

Atas lonjakan tagihan tersebut, Nelti sempat mengkonfirmasi kepada pihak terkait. PDAM, kata dia, berdalih ada indikasi kebocoran. Namun, setelah dipastikan oleh petugas tak ditemukan kebocoran.

"Sebelumnya juga pihak PDAM Inhu sempat menjanjikan memasang meteran air di setiap rumah, tapi sampai saat ini nyata nya cuma sebagian saja yang di pasang, dan aneh nya yang belom di pasang meteran dari PDAM tagihan nya normal saja tidak seperti kami yang di pasang meteran," tutup Nelti

Hal yang sama juga di rasakan beberapa warga di Desa Pekan Heran. Yang tagihan awal nya terbilang normal normal saja kini terjadi pembengkakan semenjak pemasangan meteran air PDAM.

Sampai saat berita ini di buat belum ada pihak-pihak terkait yang dapat di konfirmasi atas perihal tersebut, baik dari pemerintah daerah setempat, pihak PDAM atau pun pihak yang lainya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index