Pemprov Aceh Usul PON 2024 Ditunda Satu Tahun

Pemprov Aceh Usul PON 2024 Ditunda Satu Tahun
Sumut Resmi Jadi Tuan Rumah PON 2024, Ini Faktanya. humas.sumutprov.go.id ©2020 Merdeka.com

Riauaktual.com - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh mengusulkan ke pemerintah pusat agar pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 ditunda satu tahun. Kepala Dispora Aceh, Dedy Yusmadi, mengatakan usulan itu muncul sebab belum adanya kejelasan pembangunan infrastruktur, salah satunya venue utama PON.

"Rapat terakhir di Medan, kita mengusulkan PON ini ditunda satu tahun, sebagaimana dengan Papua, kan ditunda 1 tahun," kata Dedy Yusmadi, Kamis (4/5).

Dia menjelaskan pembangunan venue-venue pada event olahraga terbesar di Tanah Air itu adalah ranahnya Kementerian PUPR.

Sejauh ini, ungkap Dedy, pemerintah pusat baru menganggarkan anggaran untuk rehab beberapa infrastruktur cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti, seperti Stadion Harapan Bangsa, lapangan tenis dan lain sebagainya.

"Kemudian anggar, angkat berat, termasuk venue bela diri, itu anggarannya informasi saya terima sudah ada sekitar 200 miliar lebih. Nah, untuk venue baru sendiri belum ada,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

Dedy berharap pemerintah pusat menganggarkan pembangunan venue utama PON yang rencana awalnya bakal dibangun di kawasan Aceh Besar.

"Kalau enggak dibangun, tidak ada lagi yang ditinggalkan dari PON ini. Kita terus melobi-lobi dengan PUPR, karena memang anggarannya di PUPR. Mudah-mudahan pemerintah pusat bisa mengakomodir apa yang kita minta," tuturnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar menyatakan tidak masalah ada usulan PON Aceh-Sumut 2024 ditunda satu tahun. Menurutnya, para atlet Aceh yang sudah melakukan Pelatda, siap untuk bertanding kapan saja.

"Atlet kita saat ini sudah dalam masa Pelatda untuk PON. Kalaupun nanti PON ditunda satu tahun tidak masalah, karena atlet kita siap untuk bertanding kapan saja. Baik 2024 atau 2025," katanya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index