Akuisisi Manchester United : Sheikh Jassim Janjikan Rp14,8 Triliun untuk Renovasi Old Trafford

Akuisisi Manchester United : Sheikh Jassim Janjikan Rp14,8 Triliun untuk Renovasi Old Trafford
Sheikh Jassim bin Hamad al Thani janjikan Rp14,8 Triliun untuk renovasi Old Trafford, di luar dari biaya akuisisi Manchester United.

Riauaktual.com - Rencana akuisisi Manchester United terus jadi perbincangan belakangan ini. Konsorsium asal Qatar yang dipimpin Sheikh Jassim bin Hamad al Thani menawarkan proposal menarik.

Selain biaya pembelian Manchester United yang ditawarkan kepada Keluarga Glazer (pemilik MU saat ini) senilai 5 miliar poundsterling, mereka juga mnyiapkan dana tambahan 800 juta poundsterling atau sekitar Rp14,8 triliun (kurs 1 paun = Rp18.500).

Dana hampir Rp15 triliun itu akan digunakan untuk merenovasi atau memperbaiki fasilitas yang ada di markas Man United, Stadion Old Trafford.

Dikutip dari Football Insider, Kamis (4/5), Grup Qatar yang digawangi oleh Jassim telah berjanji bahwa uang tunai – terpisah dari sekitar 5 miliar poundsterling yang ditawarkan untuk membeli klub- akan disisihkan untuk memperbaiki Old Trafford dan kompleks latihan Carrington

Tidak diketahui apakah Grup Ineos milik Sir Jim Ratcliffe, rival Jassim dalam akusisi Manchester United, juga telah mengalokasikan dana untuk proyek belanja modal yang telah lama diminta oleh suporter Man United.

Tetapi dua sumber mengklaim bahwa dana pasca-kesepakatan tidak penting bagi Glazer kecuali mereka memutuskan untuk mempertahankan saham minoritas di klub, yang bukan merupakan situasi yang ingin dihibur oleh orang Qatar.

Ratcliffe diyakini menawarkan Joel dan Avram Glazer jalan untuk tetap di klub sebagai pemegang saham minoritas, sebuah skenario yang sangat tidak populer di sebagian besar basis penggemar.

Tawarannya menghargai klub lebih tinggi dari Jassim tetapi untuk saham yang lebih kecil, dengan 69 persen dipahami sebagai saham tertinggi yang bisa dia peroleh.

Old Trafford masih menjadi stadion paling menguntungkan di Liga Inggris dalam hal pendapatan pada hari pertandingan.

Namun markas Setan Merah itu tertinggal di banding stadion lain dalam hal standar fasilitas yang ditawarkan.

Sumber Football Insider juga mengklaim bahwa paket 800 juta poundsterling yang dijanjikan Syeikh Jassim untuk renovasi stadion berkapasitas 75.000 tempat duduk, jauh dari perkiraan sebelumnya.

Sebelumnya potensi biaya renovasi Old Trafford dan kompleks latihan Carrington mendekati angka 2 miliar poundsterling (Rp37 triliun).

Empat perusahaan investasi AS juga telah mengajukan penawaran untuk mengakuisisi saham minoritas di United.

Tapi tidak diketahui apakah proposal mereka mencakup uang tunai yang dicadangkan untuk belanja infrastruktur.

Dapat dipahami bahwa akuisis Manchester United bisa memakan waktu lebih dari 10 minggu untuk diselesaikan setelah Glazers memilih penawar terbaik.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index