5 Cara Alami Ini Ampuh Usir Ketombe!

5 Cara Alami Ini Ampuh Usir Ketombe!
Cara alami usir ketombe (Foto: Timesofindia)

Riauaktual.com - Ketombe merupakan masalah rambut yang banyak dialami oleh banyak orang dari berbagai jenis kelamin dan berbagai usia.

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang disebabkan oleh jamur Malassezia, yang memakan sebum dan sel kulit mati yang terjadi secara alami akibat terbentuknya yang baru kulit.

Ada 5 bahan alami yang bantu menghilangkan ketombe dilansir dari Healthline, Senin (10/4/2023).

1. Gunakan tea Tree Oil

Tea tree oil terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe.

Faktanya, menurut salah satu ulasan lama, minyak pohon teh efektif melawan jenis jamur tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

Studi lain menemukan bahwa dengan mengoleskan jaringan plasenta yang direndam dalam tea tree oil ke kulit lebih efektif daripada pengobatan antijamur untuk menyembuhkan lesi yang disebabkan oleh jamur itu sendiri.

2. Pakai minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal karena berbagai manfaat kesehatannya, minyak kelapa juga digunakan sebagai obat alami untuk ketombe.

Minyak kelapa dapat bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan, yang dapat memperburuk ketombe.

Menurut beberapa penelitian, minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit saat dioleskan sebagai pelembab. Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak kelapa membantu pengobatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe.

3. Manfaatkan lidah Buaya

Lidah buaya adalah sukulen yang sering ditambahkan ke salep kulit, kosmetik, dan losion. Jika dioleskan ke kulit, lidah budaya dapat membantu merawat kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis, dan luka dingin.

Menurut sebuah ulasan, sifat antibakteri dan antijamur pada lidah buaya juga dapat melindungi dari ketombe.

4. Minimalkan tingkat stres

Stres diyakini memengaruhi banyak aspek kesehatan dan kebugaran, mulai dari kondisi kronis hingga kesehatan mental.

Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan ketombe, hal itu dapat memperburuk gejala seperti keringnya kulit kepala dan gatal.

Tingkat stres tinggi jangka panjang dapat mengubah atau menekan aktivitas sistem kekebalan, yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan beberapa infeksi jamur dan kondisi kulit yang menyebabkan ketombe.

5. Gunakan cuka sari apel
 

Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, dan sering digunakan sebagai obat alami untuk ketombe.

Hal tersebut karena keasaman cuka yang dipercaya membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dikatakan menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan dengan demikian melawan ketombe.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index