Berikut 5 Cara Mudah Bedakan Kurma yang Manis Alami dan Buatan

Berikut 5 Cara Mudah Bedakan Kurma yang Manis Alami dan Buatan

Riauaktual.com - Kurma merupakan buah yang paling populer, dan banyak dijumpai saat bulan suci Ramadhan. Kurma juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, jika dikonsumsi secara bijak.

Kurma memiliki cita rasa manis, dan tekstur yang lembut. Namun, tak semua cita rasa manis dari kurma adalah alami. Penting untuk mengetahui cara membedakan rasa kurma manis alami, dengan yang buatan.

Berikut adalah cara mudah untuk membedakan kurma dengan rasa manis alami, dan buatan yang dilansir dari Okezone.com : 

1. Disukai oleh Semut

Salah satu cara paling mudah unruk mengetahui apakah kurma telah dicampur dengan pemanis buatan adalah dengan meletakkannya di atas meja terbuka pada suhu kamar. Jika kurma menarik semut, berarti kurma itu manis secara alami.

2. Pucat dan Kering

Kurma dengan pemanis alami memiliki warna asli yang pucat dan memiliki tekstur yang lebih kering. Sedangkan kurma yang terindikasi diberi pemanis buatan, memiliki warna yang lebih mengkilap dan lembek.

3. Tekstur Kurma

Kurma dengan pemanis alami memiliki tekstur yang padat dan keras. Sedangkan kurma dengan pemanis buatan, cenderung lebih lunak.

4. Rasa Manis Kurma

Kurma dengan rasa manis alami, dapat dinikmati pada keseluruhan daging buah. Sedangkan kurma dengan rasa manis buatan hanya terasa pada permukaannya saja.

5. Jenis Gula yang Berbeda

Kurma dengan pemanis alami adalah kandungan gulanya, sebagian besar terdiri dari fruktosa atau hanya fruktosa. Sedangkan kurma dengan pemanis buatan, mengandung gula dengan kandungan fruktosa dan sukrosa.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index