Apakah Kurma yang Sudah Berjamur Bisa Dimakan?

Apakah Kurma yang Sudah Berjamur Bisa Dimakan?
Apakah Kurma yang Sudah Berjamur Bisa Dimakan? (Foto: Timesofindia)

Riauaktual.com - APAKAH Kurma yang sudah berjamur bisa dimakan? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Kurma segar umumnya bisa bertahan hingga enam bulan di lemari es dalam wadah tertutup dan tetap beku selama setahun penuh.

Anda dapat menyimpan kurma kering di dapur selama enam bulan, di lemari es dua kali lebih lama, dan dibekukan hingga tiga tahun.

Lantas, apakah kurma yang sudah berjamur bisa dimakan? Berikut ulasannya.

Umumnya, pertumbuhan jamur pada makanan merupakan tanda pembusukan yang sangat jelas. Namun, karena kadar air pada kurma sangat rendah, pertumbuhan jamur pada kurma tidak terlalu sering terjadi dan sulit terlihat.

Dikutip dari berbagai sumber, jika buah kurma telah berbau tidak sedap, ditumbuhi jamur atau sejenis kapang, lengket, dan berubah warna maka dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya.

Jika Anda mengonsumsi kurma yang telah berjamur, resiko yang dapat terjadi adalah infeksi pada saluran cerna, dengan gejala mual muntah, nyeri perut, hingga diare.

Kurma yang masih segar memiliki aroma yang netral dan lembut. Namun, jika kurma sudah busuk, baunya akan menjadi sangat menyengat dan tidak enak. Kurma juga akan berbau alkohol karena terjadi fermentasi kandungan gulanya yang tinggi.

Secara alami, buah kurma memang lengket. Akan tetapi, jika sudah membusuk atau berkualitas buruk maka kurma akan menjadi berlendir. Jika hal itu terjadi maka itu artinya Kamu harus segera membuangnya.

Karena itu, ketika membeli kurma, Anda disarankan tidak menyimpannya ke dalam lemari yang lembab atau ke tempat yang disinari matahari secara langsung untuk menghindari pembusukan.

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index