Berikut 5 Tips Olahraga di Bulan Ramadhan

Berikut 5 Tips Olahraga di Bulan Ramadhan
Ilustrasi Olahraga. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - BEROLAHARAGA merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Meskipun di bulan Ramadan ini Anda berpuasa, tapi bukan berarti tidak Anda tidak berolahraga.

Olahraga tetap harus kita lakukan meskipun tengah berpuasa. Hanya saja, Anda tentu harus memerhatikan beberapa hal seperti jenis olahraga serta durasi saat berolahraga. Berikut adalah beberapa tips berolahraga tepat yang bisa Anda terapkan saat tengah menjalani ibadah puasa yang sebagaimana dilansir dari Okezone.com : 

Pilih Olahraga Ringan

Tidak semua jenis olahraga bisa Anda lakukan di bulan puasa. Pilihlah olahraga ringan seperti bersepeda, joging, jalan santai, yoga, dan pilates.

Perhatikan Durasi Olahraga

Saat berpuasa, durasi menjadi salah satu hal penting yang wajib Anda perhatikan. Dilansir dari Hellosehat, waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan puasa adalah setelah berbuka sebab tubuh elah menerima kembali asupan cairan dan makanan sebagai energi. Anda juga bisa berolahraga selama 30-60 menit sebelum berbuka puasa. Sesuaikan intensitas dan durasi olahraga sesuai kemampuan Anda.

Perhatikan Asupan Cairan

Saat berpuasa tubuh tentu akan kekurangan banyak cairan, melakukan olahraga di tengah menjalani ibadah puasa harus Anda seimbangkan dengan memenuhi asupan cairan yang cukup bagi tubuh agar tidak dehidrasi. Pastikan Anda terus terhidrasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka atau di malam hari.

Jaga Asupan Makan

Selain kebutuhan cairan, Anda juga perlu memerhatikan asupan makan saat aktif berolahraga di bulan puasa. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan serat serta mineral.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan performa Anda dalam berolahraga saat berpuasa agar tetap bugar. Kekurangan tidur akan membuat tubuh cepat lelah dan dapat berbahaya saat terus dipaksa melakukan aktivitas berat.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index