SK Porwil XI se-Sumatra Diterima, KONI Riau Segera Koordinasi Bersama Dispora

SK Porwil XI se-Sumatra Diterima, KONI Riau Segera Koordinasi Bersama Dispora
Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin.

Riauaktual.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, telah menyerahkan surat resmi penunjukan Riau sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatra, dengan nomor surat keputusan KONI Pusat Nomor 47 Tahun 2023, tertanggal 2 Maret 2023.

Perjuangan KONI Riau untuk menyelamatkan pelaksana Porwil Sumatra ini, tidak terlepas dari dukung Pemprov Riau, melalui Gubernur Riau, Syamsuar, Wakil Gubernur Riau, dan Sekdaprov Riau, dalam membantu penganggaran pelaksanaan pertandingan Porwil, termasuk dukungan anggota DPRD Riau.

“Alhamdulillah, SK dari KONI pusat sudah kita terima, dan sudah kita sampaikan ke Gubernur dan Sekda. Dengan telah diterima SK resmi ini, mudah-mudahan seluruh stakholder mulai dari Pemprov Riau dan DPRD mendukung penuh dalam pelaksanaan Porprov. Insha Allah akan dilaksanakan pada akhir bulan Oktober, atau November mendatang,” ujar Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin.

Dijelaskan Iskandar Hoesin, proposal pelaksanaan Porprov sudah kita sampaikan ke Pemprov Riau melalui Dispora. Anggaran yang diajukan hanya untuk penyelenggaraan pertandingan. Besaran anggaran disesuai dengan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan. 

“Jadi dari SK terbaru yang kita terima itu, Cabor yang wajib dipertandingkan pasa Porprov itu ada 8 Cabor, yaknivoli, takraw, renang, sepakbola, panahan, catur dan panjat tebing. Ada dua Cabor andalan lagi yang akan kita ajukan ke KONI pusat, karena memang Porwil itu biasanya mempertandingkan 10, termasuk Cabor andalan kita,” jelas Iskandar Hoesin.

“Untuk proposal sudah kita sampaikan ke Dispora, dan dalam waktu dekat ini kita akan mengadakan pertemuan dengan Dispora, untuk membahas anggaran termasuk venue yang akan digunakan pada Porwil mendatang,” tambahnya. 

Sementara itu, Kadispora Riau, Boby Rahmat, mengatakan, pihaknya telah mendapatkan surat penunjukan Riau sebagai tuan rumah Porwil XI Sumatra. Dan segera akan dibahas untuk pelaksanaan Porwil, termasuk venue pelaksanaan Cabor yang akan dipertandingkan.

“Tentunya kita perlu mengadakan pembahasan bersama KONI Riau, mulai dari anggaran sampai venue yang akan digunakan. Ada beberapa venue yang perlu di renovasi, paling tidak perbaikan agar lebih baik,” kata Boby. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index