5 Tips Merawat Kumis dan Janggut!

5 Tips Merawat Kumis dan Janggut!
Cara merawat kumis dan jenggot. (foto: Istimewa)

Riauaktual.com - UNTUK perempuan, memelihara rambut dan wajah adalah yang paling penting mengingat bagian tersebut yang paling terlihat saat seseorang memandanginya. Sedangkan pria, memelihara kumis dan jenggot adalah pilihan utama.

Hal ini karena bisa membuat penampilan terlihat dewasa dan berwibawa. Bahkan, tak sedikit pula pria yang tidak memiliki rambut tapi memiliki janggut dan kumis yang lebat.

Jika sudah memiliki atau memelihara janggut, hal yang harus dilakukan tentu dengan merawatnya. Rambut yang tumbuh di dagu ini sebenarnya tidak berbeda dengan rambut yang tumbuh di kepala, karena mereka juga membutuhkan perawatan agar tetap rapi dan sehat.

Lalu, bagaimana cara merawat jenggot agar rapi dan sehat? Yuk, simak tips perawatan jenggot di sini seperti dilansir dari KlikDokter.

1. Olahraga 

Olahraga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah sehingga dapat menstimulasi tumbuhnya folikel rambut. Anda bisa melakukan olahraga seperti angkat beban atau strength training untuk menaikkan testosteron. Testosteron adalah hormon yang diperlukan pria untuk membantu menumbuhkan rambut wajah. Cobalah untuk memvariasikan latihan yang Anda lakukan, serta waktu Anda melakukannya.

2. Makanan 

Anda sering makan sembarangan? Sekarang, cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, hal ini juga baik untuk kesehatan jenggot Anda.

Zat seng, misalnya, dapat bermanfaat bagi kadar testosteron yang berperan dalam tumbuhnya jenggot. Beberapa makanan yang baik dalam tahapan perawatan jenggot adalah:

- Protein tanpa lemak, seperti ayam dan salmon

- Makanan tinggi seng, seperti kacang-kacangan dan buncis

- Zat besi, seperti hati

- Biji-bijian

- Lemak sehat, misalnya alpukat

- Buah-buahan dan sayuran dengan kandungan vitamin A, B, C, D, dan E, yang berperan dalam pertumbuhan rambut.

3. Suplemen 

Banyak suplemen yang dirancang khusus untuk pertumbuhan jenggot, lho. Jika Anda tidak dapat memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan, mengonsumsi suplemen yang mengandung seng dan zat besi dapat membantu. Jadi, cara merawat jenggot juga bisa dengan konsumsi suplemen atau multivitamin.

4. Tidur 

Salah satu cara merawat jenggot adalah dengan tidur cukup. Ya, tidur sangat penting untuk pertumbuhan jenggot Anda. Sebab, testosteron dilepaskan terutama selama Anda tidur. Apalagi, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dan sleep apnea dapat menurunkan kadar testosteron.

5. Mencuci Wajah 

Cucilah wajah Anda secara rutin sebagai cara merawat jenggot. Dengan menjaga kulit wajah tetap bersih, jenggot Anda pun akan terlihat lebih rapi dan bersih. Penting juga melakukan eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati di area sekitar jenggot Anda

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index