Warga Cerenti Kuansing Tolak Aktivitas Tambang Batu Bara

Warga Cerenti Kuansing Tolak Aktivitas Tambang Batu Bara

Riauaktual.com - Ratusan warga Pulau Bayur, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi menggelar aksi damai di halaman kantor Camat Cerenti, Kamis (2/2/2023) pagi. Aksi tersebut menolak segala bentuk aktivitas tambang batu bara di daerah tersebut.

Koordinator lapangan, Maryedi menyebutkan, inti dari aksi tersebut ialah menolak aktivitas tambang batu bara di Pulau Bayur. Karena hal ini dinilai berdampak luas terhadap ekonomi masyarakat sekitar.

"Mengganggu lahan perkebunan masyarakat, apalagi lokasi tambang tidak jauh dari pemukiman masyarakat yang dirasa sangat memberatkan masyarakat Pulau Bayur," katanya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Pulau Bayur, Dislagana Farce  mengatakan permasalahan ini terjadi sejak lama. Dirinya yang baru 4 bulan menjabat, menilai jika pihak tambang yakni PT Limka Dewaro Energi kurang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

''Kalau yang saya tangkap, pihak perusahaan kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Saya pernah meminta kepada pihak perusahaan agar dapat melakukan sosialisasi, tapi belum terealisasi,'' ujar Disla.

Camat Cerenti, Yuhendra mengatakan dirinya telah menjembatani pihak masyarakat dan perusahaan, dan akan menyampaikan tuntutan masyarakat sesuai mekanisme yang berlaku.

''Saya sudah menjembatani pertemuan antara pihak perusahaan dengan masyarakat. Untuk aspirasi kita ikuti sesuai mekanisme yang berlaku. Harus kita konfirmasi dulu pihak terkait yang mengeluarkan izin terhadap perusahaan ini,'' pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index