Jendela Transfer Musim Dingin 2023 : Chelsea Rogoh Kocek Hingga Rp 5 Triliun Lebih

Jendela Transfer Musim Dingin 2023 : Chelsea Rogoh Kocek Hingga Rp 5 Triliun Lebih
Enzo Fernandez, Mykhaylo Mudryk, dan Joao Felix di antara pemain baru Chelsea yang direkrut pada jendela transfer musim dingin 2023.

Riauaktual.com - Klub kaya raya Inggris, Chelsea merogoh kocek hingga 329,5 juta euro atau sekitar Rp 5,37 triliun (kurs 1 euro = Rp16.300) selama jendela transfer musim dingin 2023.

Uang sebanyak itu digunakan Chelsea untuk mendatangkan sembilan pemain baru. Baik yang dibeli permanen maupun dengan status pinjaman.

Klub milik konsorsium baru yang beranggotakan Todd Boehly, Clearlake Capital, Hansjorg Wyss, dan Mark Walter itu berani belanja jor-joran dengan harapan bisa membangun kekuatan baru di Stamford Bridge.

Seperti Enzo Fernandez (Benfica), Mykhaylo Mudryk (Shakhtar Donetsk), meminjam Joao Felix dari Atletico Madrid.

Benoit Badiashile dari AS Monaco, Malo Gusto dari Olympique Lyon, Noni Madueke dari PSV Eindhoven, Andrey Santos dari Vasco da Gama.

Kemudian ada David Datro Fofana dari Molde, serta Gabriel Slonina (kiper) yang dipinjam dari klub MLS, Chicago.

Sementara itu, klub asuhan Graham Potter ini juga melepas Jorginho ke Arsenal.

Dalam daftar 25 pemain top yang resmi berganti klub selama jendela transfer musim dingin (Januari) 2023, didominasi oleh pemain anyar Chelsea.

Bahkan dalam daftar yang dikutip Pojoksatu.id dari laman Transfer Markt, tiga pemain Chelsea masuk lima besar.

Disebut pemain top karena popularitas, harga pasar dan biaya transfernya.

Sekadar diketahui, jendela transfer Januari 2023 sendiri sudah tutup sejak 31 Januari 2023 malam waktu Eropa atau Rabu (1/2) dini hari WIB.

Dari 25 pemain top pindah pada jendela transfer musim dingin kali ini, paling banyak pindah ke Chelsea.

Seperti kepindahan gelandang bertahan Timnas Argentina, Enzo Fernandez (22 tahun) dari Benfica ke Chelsea yang menempati posisi teratas daftar tersebut.

The Blues merogoh kocek hingga 121 juta euro (Rp 1,8 triliun) untuk mendapatkan jasa pemain yang membantu Argentina juara Piala Dunia 2022 itu.

Adapun klub kaya Inggris lainnya, Manchester City hanya melepas Joao Cancelo ke Bayern Munich dengan status pinjaman.

Penyerang sayap Timnas Belanda, Cody Gakpo meninggalkan PSV Eindhoven untuk bergabung dengan raksasa Inggris, Liverpool.

Pemain yang membawa Belanda menembus perempat final Piala Dunia 2022 itu direkrut Liverpool dengan biaya 42 juta euro atau sekitar Rp 685 miliar.

 

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index