Kabupaten Kuantan Singingi Dikabarkan Alami Pemekaran Bagian Hulu

Kabupaten Kuantan Singingi Dikabarkan Alami Pemekaran Bagian Hulu
Ilustrasi

Riauaktual.com - Usai wacana pemekaran Kuantan Singingi bagian hilir, kini Kuansing kembali diisukan dengan wacana pemekaran Kabupaten Kuatan Singingi bagian hulu.

Salah satu pencetus pemekaran ini adalah Drs H Syafrisal Bakar, MSi. Adapun daerah cakupan Kuasing Hulu ini diantaranya, Kecamatan Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Pucuk Rantau dan Gunung Toar.

"Iya memang ada wacana untuk pembentukan kabupaten baru di Kuansing yaitu kabupaten Kuantan bagian hulu," ujar Syafrisal kepada Riauaktual.com, Selasa (10/1/2023).

Dijelaskan Syafrisal Bakar, pihaknya melihat Kuantan Mudik lama yang sekarang sudah memiliki 4 kecamatan, kemungkinan besar sudah mencukupi syarat untuk menjadi sebuah kabupaten.

"Secara struktur nya belum ada, kami belum ada membentuk panitia, hanya saja ini dari hasil bincang bincang ringan kami beberapa orang saja," ucapnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinanan wacana ini akan dilanjutkan ke pembicaraan tingkat lebih besar. Diakuinya pihaknya sudah 3 kali mengadakan pertemuan dan sudah mencoba membuat studi naskah akademis.

"Ya dari syarat teknisnya seperti kemampuan ekonomi, potensi daerah, kependudukan, luas daerah dan lain sebagainya itu cukup syarat lah untuk menjadi sebuah kabupaten," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index