Kecamatan Sungai Mandau Raih Juara 1 Lomba cipta menu pangan B2SA

Kecamatan Sungai Mandau Raih Juara 1 Lomba cipta menu pangan B2SA

Riauaktual.com - TP PKK kabupaten Siak berkerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan taja festival lomba cipta menu pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) antar kecamatan.

Dalam kegiatan tersebut, TP PKK Kecamatan Sungai Mandau berhasil meraih juara 1. Sementara kecamatan Minas, sebagai juara II dan kecamatan Tualang  juara III.

Ketua TP PKK Siak, Rasidah Alfedri mengatakan kegiatan tersebut untuk menggugah kesadaran khususnya kaum ibu-ibu agar bisa memberikan menu masakan yang aman dan bergizi serta seimbang untuk keluarga tercinta.

Serta makna yang terselip dari kegiatan tersebut, olahan pangan dibuat murah dan bahannya mudah dicari oleh ibu rumah tangga.

"Semua makanan yang dimasak oleh ibu-ibu yang ikut lomba, rasanya enak,” kata Rasidah saat menyicip makanan yang disajikan oleh peserta bertempat di Gedung Mahratu.

Rasidah menambahkan, produk pangan lokal itu diperlukan kreativitas untuk menerjemahkan ke dalam resep yang memenuhi makanan bergizi, aman, murah, dan bahan mudah dicari.

"Dalam festival B2SA ini terdapat sajian dengan nama unik, seperti Nasi Sorgum,  sempol ikan gabus, Rolade Tahu selimut, lomak manis pucuk cemperai, nasi talas, asam pedas patin kukur mentimun, takesi, tumis gingsen belacan dan yiur melambai dan lain-lain," terang istri bupati Siak tersebut.

Kegiatan ini, sebut Rasidah rutin setiap tahun dilaksanakan secara berjenjang. Mulai dari pusat, provinsi, kabupaten dan kecamatan. "Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada keanekaragaman pangan, yaitu sumber karbohidrat selain nasi," harapnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana penerapan menu pangan lokal ini dalam kehidupan sehari-hari sehingga menghasilkan keluarga yang berkualitas.

Disampaikannya, lombaan cipta menu B2SA ini diikuti peserta perwakilan TP-PKK setiap kecamatan di kabupaten Siak.

"Peserta lomba menyajikan menu masakan hasil pangan lokal. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan beras dan terigu, tetapi tetap menerapkan prinsip B2SA," terangnya.

Sementara ketua TP PKK kecamatan Sungai Mandau, Widya Nofita mewakili ibu-ibu yang berhasil memenangkan lomba tersebut mengaku bersyukur atas upaya yang dilakukan oleh timnya.  

“Ya, tentu saja kami sangat bahagia. Lelah kami terbayarkan, karena sejak dari subuh kami mengolah menu makanan tersebut,” sebut Widya.

Ia membeberkan menu yang disajikan terdiri dari menu utama (Karbohidrat), seperti Nasi Sorgum,  lauk (Protein Hewani dan Nabati) sempol ikan gabus dan rolade tahu selimut kemudian sayur (Vitamin dan Mineral) berupa lomak manis pucuk cemperai, serta buah mangga.

Widya menjelaskan, untuk mengganti beras atau sumber karbohidrat, para petani di kecamatan Sungai Mandau sudah mulai memberdayakan tanaman Sorgum, karena tanaman Sorgum sebagai tanaman pengganti beras.

"Tanaman Sorgum ini sangat berkhasiat, mulai dari batangnya yang digiling untuk minuman kesehatan. Secara umum, Sorgum kaya akan vitamin B kompleks dengan kadar tiamin, riboflavin, dan niasin yang bervariasi," jelasnya.

Pada pembagian hadiah peserta yang menang, piala dan hadiah uang tunai diserahkan langsung oleh ketua TP-PKK kabupaten Siak Rasidah Alfedri di pentas Siak Bermadah.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index