Mewakili Bupati, Sekda Siak Terima Penghargaan Peduli HAM

Mewakili Bupati, Sekda Siak Terima Penghargaan Peduli HAM

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten Siak kembali menerima penghargaan kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Arfan Usman dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Senin (12/12/2022) di Hotel Sultan dan Residence Jakarta.

Arfan menuturkan, penghargaan untuk Pemkab Siak bertepatan di hari HAM dunia ke-74 yang dibuka Wakil Presiden Ma'ruf Amin tersebut diterima Pemkab Siak untuk ke delapan kalinya.

"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada OPD terkait dalam mendukung pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, administrasi, pendidikan dan infrastruktur. terutama bagian hukum yang menyampaikan dokumen KKP HAM lengkap sesuai ril dan tepat waktu," ujarnya.

Lanjutnya, pemerintah daerah sebagai instrumen penilaian pelaksanaan kabupaten/kota peduli HAM dan harus hadir dan menjamin perlindungan kepada masyarakatnya.

"Oleh sebab itu, pemerintah harus hadir, baik pemerintah daerah maupun pusat. Bicara tentang Hak Asasi Manusia, bukan hanya ketika ada sebuah masalah tapi bagaimana kita mengentaskan masalah serta memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, sehingga kita di katagori termasuk kabupaten peduli HAM," urainya.

Ia menjelaskan, ada lima OPD yang tergabung dalam lingkup penilaian KKP HAM yaitu Dinas Sosial, DPMK, PU Tarukim, Kesehatan, Pendidikan dan DP3AKB.

"Penghargaan KKP HAM tahun 2022 ini untuk Provinsi Riau, hanya ada empat kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Indra Giri Hulu, Indra Giri Hilir, Meranti dan Siak," terangnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index