5 Tips Agar Tidak Stres Hadapi Kondisi!

5 Tips Agar Tidak Stres Hadapi Kondisi!
Ilustrasi tips atasi stres karena perceraian. (foto: Istimewa)

Riauaktual.com - PERCERAIAN adalah hal yang paling dihindari dalam sebuah hubungan pernikahan. Namun terkadang ada sesuatu dalam menjalani rumah tangga yang sulit dimaafkan dan membuat pernikahan tak dapat berlanjut. Seperti perselingkuhan atau kekerasan dalam rumah tangga.

Namun, setelah perceraian jangan berpikir bisa lega dan bebas dari masalah, karena tidak sedikit orang yang mengalami stres karena perceraian.

Untuk mengatasi stres akibat perceraian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti yang dikutip dari psychcentral berikut ini beberapa cara untuk mengatasi stres karena perceraian

1. Akui Perasaan

Tidak masalah untuk tidak baik-baik saja. Kenali bagaimana perasaan kamu dan memeriksa perasaan itu bisa membantu kamu untuk belajar mengelolanya Saat pernikahan kandas, kamu mungkin masih berduka, karena merupakan akhir dari kehidupan yang pernah kamu dan pasanganmu jalani. Merasa sedih, kecewa, marah dan takut merupakan hal yang wajar. Jadi, mengabaikan perasaan tersebut bukanlah jalan keluar untuk mengatasi stres.

2. Berlatih self-talk yang positif 

Setelah bercerai, umum terjadi apabila kamu selalu berpikiran negatif. Mungkin kamu berpikir kamu sangat bersalah dan merasa sudah mengecewakan keluargamu. Mengenai hal itu, kamu harus ingat bahwa perceraian itu rumit. Sebuah studi tahun 2019, sumber terpercaya menemukan, selt-talk yang positif atau dilakukan diam-diam dengan suara kerasa di dalam mobil atau ke cermin, bisa membantu meningkatkan kondisi mental kamu, serta meningkatan kepercayaan diri.

3. Biarkan Orang Lain Membantu

Ketika orang-orang terkasih dalam hidup kamu peduli dan ingin membantumu, pertimbangkanlah untuk membiarkan mereka membantu. Karena, membiarkan diri kamu bersandar kepada orang yang bisa kamu percaya, akan membantu meredakan stres. Pertimbangkan juga untuk terhubung dengan orang lain dengan tantangan serupa. Karena, kamu bisa bergabung dengan komuntias untuk membangun dukungan dan bercerita tentang masalah kehidupan.

4. Hindari Diet

Menurut riset pada tahun 2020, makana sehat bisa membantu kamu mengatasi stres. Jadi sangat mudah untuk mengatasinya apabila kamu kehabisan akal. Saat stres mungkin orang banyak yang melewatkan waktu makan, padahal itu justru bisa membahayakan kesetanmu dan menambah stres. Cobalah untuk makan makanan sehat dan seimbang, agar stres mereda. Selain itu sebaiknya kurangi kafein dan alkohol untuk membantu meredakan stres.

5. Olahraga dan Simbangkan tidur

Olahraga bisa melepaskan endorfin yang bisa mengeluarkan energi negatif yang terpendam. Kamu bisa pergi ke gym atau jogging di tempat yang indah untuk mengatasi stres. Selain itu, kamu juga harus menyeimbangkan tidur. Karena, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, merupakan penyebab depresi dan kecemasan. Tidur yang teratur sekitar 7-8 jam bisa membantuu mengurangi stres.

 


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index