Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubernur Riau Harap Jembatan Selat Melaka Terwujud

Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubernur Riau Harap Jembatan Selat Melaka Terwujud
Gubernur Riau Syamsuar

Riauaktual.com - Rencana pembangunan Jembatan Selat Melaka sudah sejak lama diwacanakan. Jembatan itu direncanakan menghubungkan Riau dengan Malaysia.

Keinginan itu kembali menguat seiring dilantiknya Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia. Gubernur Riau Syamsuar akan membicarakan pembangunan itu dengan Anwar Ibrahim.

"Kita berharap di zaman beliau (Anwar Ibrahim) ini rencana pembangunan Jembatan Selat Melaka yang sudah lama diwacanakan bisa terwujud," ujar Syamsuar Sabtu (26/11) kemarin.

Syamsuar juga menyebut ada seorang yang dekat dengan Anwar Ibrahim mengajak untuk ikut menemui Anwar Ibrahim. Dia akan membawa misi besar di hadapan PM Malaysia yang baru itu.

"Tentu saya sangat mau. Saya akan sampaikan soal Jembatan Selat Melaka ini kepada PM Malaysia," ucapnya.

Jembatan Selat Melaka yang direncanakan itu adalah jembatan tol yang akan menghubungkan Telok Gong, dekat Masjid Tanah, Negeri Melaka di Semenanjung Malaysia ke Pulau Rupat dan Dumai, Riau.

Anwar Ibrahim (net)

Wacana pembangunan jembatan ini sempat menguat di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) karena pihak Malaysia menyatakan kesiapannya untuk membangun.

Namun karena berbagai alasan, SBY tidak menyetujui. SBY saat itu justru merencanakan pembangunan Jembatan Selat Sunda, yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Tapi di era Presiden Jokowi juga tidak jadi dilaksanakan.

"Jika Jembatan Selat Melaka dibangun, maka akan mendorong percepatan pembangunan bagi Riau dan Sumatera secara umum," tegasnya. (ADV)

Berita Lainnya

index