Fraksi PDIP: Selain Evaluasi, Pidanakan Jika Ada Kesalahan Insiden Kanjuruhan

Fraksi PDIP: Selain Evaluasi, Pidanakan Jika Ada Kesalahan Insiden Kanjuruhan

Riauaktual.com - Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi Sapto Pribowo memberikan apresiasi langkah pemerintah membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas insiden Stadion Kanjuruhan ini.  Kericuhan pasca laga Arema FC versus Persebaya menimbulkan tewasnya ratusan orang supporter di Kanjuruhan, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

Namun, Johan meminta agar hasil penyelidikan tidak hanya sebatas evaluasi melainkan tindak lanjut yang nyata terhadap pihak-pihak yang terbukti bertanggung jawab dalam insiden tersebut.

“Siapa yang perlu dievaluasi? Pertama adalah proses penyelenggaraan itu, jadi proses penyelenggaraan yang terjadi kemarin, itu perlu dilakukan evaluasi secara mendalam, mana yang perlu diluruskan mana yang perlu diperbaiki. Kedua adalah proses pengamanan terhadap kericuhan yang terjadi di stadion Kanjuruhan Malang, ini juga perlu dievaluasi secara mendalam,” tegas Johan dalam konferensi pers di ruang rapat Fraksi PDIP di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Ketiga, lanjut Politikus PDIP ini, kepada semua pihak, termasuk PSSI untuk terus - menerus memberikan edukasi kepada para suporter dari masing - masing klub untuk disadarkan bahwa olahraga merupakan bentuk sportivitas dan tidak boleh ada lagi kebencian yang ditanamkan.

“Dari tiga point tadi, menurut saya harus menghasilkan. Sekali lagi jangan hanya evaluasi-evaluasi saja, tetapi dari 3 tadi yang saya sampaikan perlu ada hasil yang pertama, mana yang salah, dalam konteks kemarin, kalau perlu ada kesalahan itu bisa dipidanakan maka di pidanakan,” kata Johan Budi.

Sementara Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto mengatakan fraksinya meminta dibentuk panitia khusus (Pansus) untuk mengusut tuntas dan transparan insiden kerusuhan di stadion Kanjuruhan. F-PDI Perjuangan menyampaikan dukacita mendalam terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia.

"Intinya mencari solusi, jadi nanti kalau memang dibentuk pansus, Fraksi PDI Perjuangan DPR RI mendukung," kata Utut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index