Tak Ada Peminat, Pasar Sail Masih Dikelola Pemko Pekanbaru

Tak Ada Peminat, Pasar Sail Masih Dikelola Pemko Pekanbaru
Pasar Sail (Istimewa)

Riauaktual.com - Pengelolaan Pasar Sail hingga kini masih diambil alih Pemerintahan Kota (Pemko) Pekanbaru, pasca kontrak kelola oleh pihak ketiga berakhir pada beberapa bulan lalu.

Pengelolaan dilakukan saat ini oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru. Pasar yang berada di Jalan Hangtuah ini masih belum dilakukan lelang untuk mencari pihak ketiga atau swasta untuk masa kelola kedepannya.

"Masa pengelolaan Pasar Sail sudah berakhir oleh pihak swasta. Untuk sementara, kami yang mengelola Pasar Sail," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (14/9/2202).

Dirinya mengungkapkan, sebelumnya Pasar Sail dikelola oleh PT Riau Kerta Raharja sejak 20 tahun lalu, sama seperti pengelolaan Pasar Bawah. Pengelolaan Pasar Sail berakhir dari mitra yang lama ini.

Ingot menyebut pasca pengelolaan oleh swasta berakhir pada Mei 2022 kemarin, belum ada pihak swasta lainnya yang berminat melakukan pengelolaan kedepannya.

"Belum ada peminatnya hingga sekarang. Masa berakhirnya juga hampir sama dengan Pasar Bawah," terang Ingot.

Menurutnya, jika ada pihak swasta yang ingin mengelola Pasar Sail, maka proses lelang akan dilakukan. Nilai aset Pemko ini dihitung dahulu di Pasar Sail.

"Kami harus buat lagi Detail Engineering Design (DED). Ini butuh pembiayaan," jelas Ingot.

Berbeda dengan Pasar Bawah. Saat kontrak Pasar Bawah akan berakhir, pada tahun 2021 sudah ada pihak yang mengajukan ingin mengelola.

"Setelah kami kaji, timbullah proses pemilihan mitra. Karena Walikota saat itu menyetujui adanya Kerja Sama Pemanfaatan," pungkasnya. 

Berita Lainnya

index