HUT Riau ke-65, DPRD Riau Minta Pemprov Tingkatkan Potensi di Sejumlah Sektor

HUT Riau ke-65, DPRD Riau Minta Pemprov Tingkatkan Potensi di Sejumlah Sektor
Rapat paripurna DPRD Riau, Senin (8/8/2022). (Sri Wahyuni/Riauaktual)

Riauaktual.com - Provinsi Riau resmi berusia 65 tahun yang jatuh pada Selasa, 9 Agustus 2022. Tentu banyak hal yang perlu dibenahi demi kemajuan wilayah yang dijuluki Bumi Lancang Kuning ini. 

Wakil Ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti mengimbau Pemerintah Provinsi Riau untuk menggali potensi kekayaan alam dan budaya, karena menurutnya Riau sangat kaya akan kebudayaan yang dikenal di kancah nasional maupun internasional, contohnya tari zapin, tradisi paju jalur, bakar tongkang dan lainnya. 

"Ini harus sama-sama kita lestarikan. Kalau perlu kita buat teater yang menceritakan alur perjuangan para pejuang dalam memenangkan provinsi Riau ini," ujarnya. 

"Supaya anak cucu kita nanti bisa tahu apa sejarah-sejarah perjuangan Riau," tambahnya. 

Disamping itu, anggota DPRD Riau dapil Inhu-Kuansing, Mardianto Manan meminta Pemprov Riau untuk membenahi infrastruktur serta memperhatikan pembiayaan pendidikan dan sumber daya manusia. 

"Kita kan sudah membahas di Banggar, terdapat SILPA hampir 1 triliun, ini kan jumlah yang sangat besar. Kalau seandainya kita pergunakan hal ini dengan baik pasti banyak infrastruktur yang bisa dibenahi dan diperhatikan," ujar Legislator fraksi PAN tersebut. 

Anggota Komisi 1 DPRD Riau ini mengatakan besaran SILPA yang tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut harusnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan. 

"Seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa S1, S2 dan S3 ataupun siswa berprestasi hal ini pasti jauh lebih bermanfaat," ucapnya.

Maka dari itu, Mardianto meminta OPD, Badan dan Instansi terkait dibawah naungan Pemprov Riau lebih mengangkat kinerja agar lebih maksimal. "Sehingga besaran anggaran yang diminta di tahun yang akan datang lebih tepat guna dan sasaran," pungkasnya.

Berita Lainnya

View All