Pemko Pekanbaru Kekurangan ASN, 481 Orang Pensiun

Pemko Pekanbaru Kekurangan ASN, 481 Orang Pensiun
Ilustrasi.net

Riauaktual.com - Hingga 31 Desember 2022 mendatang, total sebanyak 481 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal memasuki masa pensiun. Namun, untuk penerimaan calon ASN tidak ada pada tahun ini. 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi mengatakan, dengan demikian ASN aktif tersisa sebanyak 7.338 orang.

"Total sebanyak 481 ASN akan memasuki masa pensiun hingga akhir tahun ini," ujar Masykur Tarmizi, Kamis (23/6/2022). 

Dari total ASN yang aktif saat ini, didominasi merupakan tenaga pendidik dengan jumlah mencapai 3.000 ASN. Kondisi ini membuat Pemko Pekanbaru masih kekurangan ASN. 

Selain ASN, Pemko Pekanbaru juga dibantu dengan Tenaga Harian Lepas (THL) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Jumlahnya mencapai 5.000 orang. 

Pemko Pekanbaru, berharap Pemerintah Pusat segera membuka dan menambah kuota penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Sekretaris Daerah Pekanbaru, Muhammad Jamil mengaku ASN yang ada di Kota Pekanbaru masih terbatas. Apalagi ada rencana pemerintah pusat untuk menghapus THL pada tahun 2023 mendatang. 

"Kita berharap kepada pemerintah, kalau seandainya tenaga harian lepas ini dihapus, kita berharap kuota untuk CPNS sudah dibuka," kata Jamil. 

Disampaikan Jamil, saat ini pemerintah kota masih banyak kekurangan ASN dengan jumlah keseluruhan sekitar 8 ribu orang. 

Untuk itu dengan penghapusan THL yang sejauh ini memang sangat dibutuhkan, dipastikan ASN yang ada akan kewalahan dalam menjalankan tugas terutama di bidang pelayanan publik.

"Kalau tidak dibantu dengan THL atau tenaga kontrak yang sudah kita rekrut, ya otomatis pemerintah kita tidak berjalan. Khususnya di bidang pelayanan, itu rata-rata anggota kita pegawai kontrak, tidak lagi ASN murni," pungkasnya.

Berita Lainnya

View All