Gara-gara Futsal, Mahasiwa Fisip dan Fakultas Teknik UR Bentrok

Riauaktual.com - Puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik Universitas Riau terlibat bentrok, Sabtu (11/6) malam. Bentrokan itu terjadi lantaran masalah sepele, yakni pertandingan futsal. 

Kedua kubu mahasiswa itu saling kejar dan saling lempar sebagaimana dalam video yang beradar. Bahkan, ada juga membawa senjata, seperti potongan besi, kayu dan batu. 

Personel kepolisian turun ke kampus perguruan tinggi yang berada di Kecamatan Binawidya tersebut. Kedatangan pihak berwajib itu untuk membubarkan serta mendamaikan pertikaian antar mahasiswa di dua fakultas tersebut. 

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi dikonfirmasi membenarkannya. Diakuinya pertikaian kedua belah pihak mahasiswa ini lantaran ada kesalahpahaman.

"Ada kesalahpahaman sebenarnya sesama mahasiswa UNRI, antara FiSIP dengan Teknik. Berawal tadi informasinya main futsal lah, antara dua fakultas ini. Jadi salah paham di lapangan futsal, informasinya tadi di lapangan futsal udah selesai, tapi ternyata bergulir berlanjut ke kampus," ungkap Pria Budi. 

Ia menerangkan, saat ini situasi sudah kondusif. Permasalahan sudah diselesaikan. "Alhamdulillah sudah selesai, dari pihak kampus, ada dekan, wakil dekan, para dosen, bersama dengan kami, kita mediasi, mempertemukan perwakilan kampus yang berseteru tadi. Alhamdulillah sudah selesai, dan tidak ada lagi permasalahan di sini," paparnya.

Ditanyai apakah ada korban dalam peristiwa ini, Pria Budi menyatakan hanya ada yang mengalami luka ringan. "Tadi cuma ada yang luka-luka ringan, bengkak di kepala, ada kerusakan sedikit sepeda motor, Alhamdulillah tidak ada yang fatal. Tidak ada kerusakan berat," ungkap Kapolresta.

"Tadi kesepakatan, yang rusak motor masing-masing sudah sepakat wakil dekan yang mengganti, yang sakit akan diobati, Insyallah tidak ada masalah lagi," tandasnya.

Sementara itu, seorang mahasiswa mengungkapkan soal pemicu tawuran antara FISIP dan Fakultas Teknik UR bermula dari pertandingan futsal antara mahasiswa. Pertandingan di gelar di salah satu lapangan tak jauh dari kampus.

"Jadi saat itu posisinya memang lagi sama-sama panas. FISIP lagi duduk di luar supporternya, pemain teknik di dalam, saling nyenggol gitu. Karena ya main futsal ya jatuhkan. Dari situ lah kesalahpahamannya dimulai. Yang anak Teknik merasa disiram, kami tidak merasa menyiram," ujar mahasiswa berinial W.

Berita Lainnya

index