Ketua DPRD Apresiasi Keberhasilan MAN 1 Kuansing yang Juara Internasional

Ketua DPRD Apresiasi Keberhasilan MAN 1 Kuansing yang Juara Internasional
Ketua DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, DR Adam Sukarmis

Riauaktual.com - Keberhasilan MAN I Kuantan Singingi meraih medali emas dalam Engineering Category Youth International Science Fair (YISF) yang dilaksanakan di Semarang, Jawa tengah baru-baru ini, mendapat pujian dan apresiasi dari Ketua DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, DR Adam Sukarmis.

Dalam perlombaan itu, MAN I Kuantan Singingi mempresentasikan karya Watercare. Watercare adalah sistem untuk mengawasi kualitas air melalui internet. Berkat karya itu mereka berhasil mendapatkan penghargaan Malaysia Young Scientist Organization (MYSO) Special Award dan menjadi The Best High School Team YISF 2022. 

Hal tersebut berdasarkan keputusan dewan juri yang disampaikan pada Awarding Ceremony, di Gedung Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa tengah.

Berdasarkan prestasi itu, politisi Partai Golongan Karya ini mengatakan, perolehan medali emas oleh Tim MAN I Kuansing ini memberikan kehormatan bagi Kuantan Singingi dan Provinsi Riau.

Prestasi ini tentu sangat luar biasa dan membuat kita bangga. Tidak hanya itu, ini juga memberi pesan bahwa Kuantan Singingi tidak habis-habisnya menghasilkan gagasan kreasi yang bisa mengharumkan nama daerah. ”Selamat untuk MAN I Kuansing,” ujar Adam.

Yang lebih mengharukan lagi, anak Anak asal MAN I Kuansing ini mampu menaklukan ratusan tim yang ikut dari 22 negara.

Di tahun 2022 ini, kompetisi ini telah diikuti oleh 459 tim dari 22 negara yaitu Thailand, Philipina, Turkey, Romania, UAE, Khazakstan, Srilanka, USA, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Meksiko, Hongkong, Serbia, Brasil, Korea Selatan, Poerto Rico, Vietnam, Macedonia, Russiq, dan Azerbaijan.

"Ya, tentu kita turut berbangga atas prestasi yang ditorehkan oleh MAN I Kuansing. Anak anak Kuantan Singingi telah membuktikan bahwa mampu bersaing di tingkat internasional,salah satu nya di dunia pendidikan,'' ucap Adam, Senin (21/3).

Prestasi ini, lanjut Adam, harus menjadi motivasi bagi anak-anak Kuansing untuk giat belajar dan mengembangkan diri. Meski di tengah keterbatasan sarana prasarana, anak-anak Kuansing tetap bisa eksis di ajang bergengsi.

"Coba bayangkan, dari ratusan tim yang ikut dari 22 negara, MAN I Kuantan Singingi sabet juara I. Inikan sesuatu yang patut kita apresiasi,'' beber Adam.

Disamping itu Ketua DPRD Kuansing Itu juga menghanturkan salam hormatnya untuk para guru di Kuansing, terutama guru di MAN 1 Kuansing yang telah berhasil membimbing anak-anak sehingga bisa menggapai prestasi kompetisi sains tingkat internasional.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index