RSUD Taluk Kuantan Targetkan Buka Layanan Cuci Darah di Tahun ini

RSUD Taluk Kuantan Targetkan Buka Layanan Cuci Darah di Tahun ini
Ilustrasi cuci darah atau hemodialisis (Shutterstock)

Riauaktual.com - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan dr Irvan mengatakan RSUD Taluk Kuantan akan membuka pelayanan tindakan cuci darah atau Hemodialisa (HD) yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2022 ini.

"Insya Allah. Tahun lalu ada beberapa kendala sehingga kita upayakan di tahun ini," ungkapnya saat berbincang bersama Riauaktual.com, Rabu (14/2/2022).

Menurut Irvan, pelayanan cuci darah di RSUD Taluk Kuantan sudah sangat diperlukan. Mengingat, salah satu keluhan masyarakat saat ini ialah susahnya melakukan cuci darah, karena pada saat ini jika pasien ingin melakukan cuci darah hanya bisa dilakukan di Pekanbaru.

Untuk lokasi Layanan, jelas Irvan, direncanakan bertempat di mess pegawai sekarang. Sementara untuk tenaga medisnya, RSUD Taluk Kuantan sudah memiliki tiga dokter spesialis dan tiga perawat yang pernah pelatihan serta memiliki sertifikat cuci darah. 

"Untuk sistemnya nanti adalah KSO (Kerja Sama Operasi) dengan pihak ke tiga. Dimana RSUD hanya menyediakan ruangan atau tempat. Sedangkan alat disiapkan oleh pihak ke tiga," jelas Irvan

Layanan ini natinya kata Irvan berlaku untuk semua pasien, baik umum ataupun BPJS. Sementara untuk izin operasional akan segera di urus lewat Korwil Pernefri (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) Sumbar, Riau dan Kepri.

Sebelumnya Sekda Kuansing Dedy Sambudi pada saat Musrembang RKPD 2023 di kecamatan Kuantan tengah sempat meminta pihak RSUD Teluk Kuantan agar membuka layananan cuci darah. Sehingga masyarakat tidak lagi melakukan cuci darah keluar daerah. 
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index