BI Dan OJK Riau Gelar Pembekalan Pelaporan Keuangan Bagi BPR

BI Dan OJK Riau Gelar Pembekalan Pelaporan Keuangan Bagi BPR
ilustrasi

PEKANBARU (RA)- Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan kantor Wilayah Riau, menggelar pembekalan pelaporan keuangan kepada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) se Riau bertempat di Kantor BI Wilayah Riau, Selasa (4/11).

Acara Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Kantor BI Wilayah Riau, Mahdi Muhammad, di hadiri sekitar 35 BPR se -Riau.

Mahdi Muhammad mengatakan, acara "Coaching clinic Tekniks pelaporan, laporan berkala BPR SAK ETAP" ini dilangsungkan dua hari dimana hari pertama membahas tentang pelaporan, hari kedua tentang sistem.

Dalam paparan singkatnya dia mengatakan, BPR selama ini belum mengambil peran dalam perekonomian Riau dibandingkan peluang. Menurut dia dilihat dari jumlah memang tidak jadi catatan tetapi harusnya jangkauan BPR justru bisa lebih maksimal hingga ke pelosok.

Riau ekonominya terbesar kelima di Sumatra, ini di topang pertambangan, perkebunan, yang sebahagian besar di miliki oleh masyarakat. Karena kebun sangat luas ini tidak bisa terjangkau oleh bank umum, maka ini bisa jadi potensi bagi BPR.

"Bayangkan jumlah uang beredar di kebun yang tidak masuk ke perbankan saat ini. Hal ini  bisa jadi potensi yang bisa diambil BPR," jelas dia.

Dia menjelaskan, rasio jumlah tabungan dengan PDRB tabungan di Riau masih 12 persen. Sementara daerah lain sudah mencapai 24 persen.

Dia juga berpesan kepada peserta BPR agar mengikuti dengan baik pelatihan ini sehingga membawa pembaruan kepada sistem pelaporan BPR.

M, Nurdin Subandi, kepala Ototitas Jasa Keuangan (OJK) Riau, juga mengatakan, Tingkat kesehatan sebuah bank bisa di lihat dati laporan. Dengan adanya pelatihan ini pemahaman terhadap laporan perbulan BPR bisa lebih di mengerti.

"Harapan memberikan nilai tambah kepada BPR semakin baik kondisi laporannya, terutama prinsip kehati-hatian," pungkasnya.

 

Laporan : ver
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index