Horeee, di Kecamatan Inuman Akan Dibangun Jalan Jalur Dua

Horeee, di Kecamatan Inuman Akan Dibangun Jalan Jalur Dua

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) akan prioritaskan pembangunan jalan jalur dua di Kecamatan Inuman.

''Usulan prioritas Kecamatan Inuman pembangunan jalur dua,'' kata Plt Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby Ak MM didampingi Sekretaris daerah (Sekda) Kuansing, Dedy Sambudi SKes MKes usai membuka secara resmi kegiatan musrembang di Kecamatan Inuman, Kamis (3/2/2022).

Kegiatan musrembang ini diagendakan selama 8 hari kedepan di seluruh kecamatan yang ada di Kuansing.

Murembang di Kecamatan Inuman ini merupakan hari kedua yang dibuka Suhardiman Amby. Pada hari pertama musrembang ini dilaksanakan di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang dan Kuantan Hilir. Usai Kecamatan Inuman, Plt Bupati Suhardiman Amby juga membuka kegiatan musrembang di Kecamatan Cerenti.
 
Menurut Suhardiman Amby, penyusunan RKPD tahun anggaran 2022 sebagai dasar penyusunan RAPBD tahun anggaran 2023 serta menetapkan rencana kegiatan pembangunan dari para pengambilan kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pemangku pembangunan di Kabupaten Kuantan Singingi.

''Musrenbang ini menjadi legalitas usulan prioritas masyarakat yang akan dituangkan dalam dokumen perencanaan. Idealnya selaras dengan usulan yang disampaikan pada saat anggota DPRD pada saat reses, sehingga yang diperjuangkan DPRD selaras dengan rencana yang disusun pemerintah daerah," kata Plt Bupati.

Dijelaskannya, usulan pembangunan jalur dua di desa Pasar Inuman karena daerah tersebut  erupakan barometer  Kecamatan Inuman. ''Jika ingin jalan pasar Inuman dibangun jalur dua, maka pembebasan lahan harus tuntas oleh komponen masyarakat yang ada,'' katanya lagi.

Mengenai Pasar Inuman, kata Suhardiman, akan kita revitalisasi. Untuk tahap awal disiapkan DED nya, guna dibangun lebih baik.

Sementara Camat Inuman, Arifin SE  menyampaikan, selain jalan jalur dua, ada juga usulan infrastruktur lainnya. Seperti, pengaspalan jalan menuju Desa Sigaruntang sepanjang 4 KM, jalan lingkar Desa Banjar Nan Tigo sepanjang 4 KM.

Kemudian Jalan Ketaping Jaya, menuju Cerenti serta pengaspalan jalan ke SMPN 3 Pulau Panjang Hulu. Dan terakhir Jalan Lingkar Los Pasar Inuman yang sudah rusak parah. Demikian juga jalan penghubung Pasar Inuman menuju Desa Banjar Nan Tigo. ''Jalan ini merupakan akses masyarakat dari berbagai desa menuju Pasar Inuman,” papar Camat Inuman Arifin.

Dalam musrenbang turut hadir Wakil Ketua DPRD Kuansing, Zulhendri Nazaruddin, anggota DPRD Kuansing Darwis, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Kuansing, Ketua TP PKK Kuansing, Hj Yulia Suhardiman beserta sejumlah pengurus TP PKK Kuansing. *

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index