Kepala Puskesmas Cerenti Bantah Ada Warga Sakit Usai di Vaksin

Kepala Puskesmas Cerenti Bantah Ada Warga Sakit Usai di Vaksin
Vaksin (ilustrasi) Foto: AP Photo/LM Otero

Riauaktual.com - Beredar pesan berantai di grup whatsapp warga Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang memberitakan Agus Asidik (22), seorang warga desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti menderita sakit usai menjalani vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala puskesmas Cerenti, Mona samelita, yang dihubungi Riauaktual.com, Rabu (2/2/2002) membantah atas informasi tersebut. Ia menyebut bahwa yang bersangkutan sakit karena penyakit lamanya yang kambuh.

"Yang bersangkutan (Agus Asidik) ini sakit bukan efek dari vaksin, tapi dikarenakan dispepsia atau asam lambung dan juga Tuberkulosis (TBC) atau TB yang di derita sebelumnya. Jadi tidak benar itu informasi sakit disebabkan vaksin," tegas Mona, Rabu (2/2/2022).

Mona juga menyebut, dari keterangan dokter yang menangani, Agus sudah dianjurkan mengkonsumsi obat selama enam bulan secara rutin. Dengan aturan satu hari tiga tablet. Tapi ternyata, ini tidak dilakukan dengan benar sehingga obat yang diberi dokter terputus sebelum waktunya.

Sementara Agus Asidik ketika dihubungi tidak mengetahui pasti sakit yang dialaminya. Namun Ia mengaku memang tengah menderita sakit TB dan dianjurkan mengkonsumsi obat rutin selama enam bulan. 

"Konsumsi obat saya terputus dari anjuran dokter yang enam bulan. Dan itu tidak saya konsultasikan dengan dokter yang menangani. Sakit TB ini juga saya derita sebelum mendapatkan vaksinasi," singkatnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index