Lima Kondisi yang Menyebabkan Tangan Selalu Terasa Dingin dan Cara Mengatasinya

Lima Kondisi yang Menyebabkan Tangan Selalu Terasa Dingin dan Cara Mengatasinya
ilustrasi tangan dingin. ©positivemed.com

Riauaktual.com - Pada malam hari terutama ketika cuaca tengah dingin, bagian tubuh kita yang terbuka terutama pada tangan kerap terasa dingin. Hal ini juga kemungkinan terjadi ketika kamu burada di dalam ruang dengan AC yang cukup dingin.

Kondisi tangan yang dingin ini terutama pada saat malam hari atau berada di ruangan yang dingin merupakan hal normal terjadi. Walau begitu, kondisi tangan yang terasa dingin ini perlu sangat diperhatikan terutama ketika terjadi secara terus-menerus.

Kondisi tangan dan ujung-ujung jari yang dingin ini bisa berarti bahwa tidak cukup darah yang mengalir. Kondisi ini ketika terjadi dalam waktu yang cukup lama perlu diperhatikan karena bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu yang tersembunyi.

“Mengalami penyumbatan di arteri bisa mencegah darah mencapai titik tertentu pada tubuh bisa menyebabkan kondisi dingin di tangan. Terekspos pada kondisi dingin bisa menyebabkan vasospasma atau penyempitan pembuluh darah yang akhirnya mengurangi aliran darah ke dalam tangan,” terang Alain Tanbe, MD dari Mercy Medical Center, Baltimore dilansir dari Live Strong.

Rasa dingin yang terjadi ini bisa menyebabkan rasa sakit di tangan dan bahkan kesemutan. Ketika kondisi ini terjadi, kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter. Berikut lima hal yang secara umum menyebabkan tangan terasa dingin.

1. Sindrom Raynaud's

Tangan yang yang merasa sakit, dingin, memucat atau menjadi dingin pada saat temperatur dingin bisa menjadi tanda penyakit Raynaud’s.

“Hal ini merupakan penyebab umum dari tangan dingin yang biasa terjadi,” terang dr. Tanbe.

Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah di tangan dan jari menyempit pada saat seorang kedinginan atau mengalami tekanan. Menurut Orrin Troum, MD dari Providence Saint John's Health Center, Santa Monica, California masalah kesehatan ini bisa terjadi karena kondisi seseorang atau karena kondisi kesehatan lain yang menyebabkan. Penyakit ini bisa muncul akibat rheumatoid arthritis, lupus, scleroderma, atherosklerosis atau hipertensi pulmonari.

Cara Mengatasinya: Mencegah penyakit ini bisa dilakukan dengan mencegah terjadinya rasa dingin dan tak nyaman. Kamu juga bisa melakukannya dengan langsung menghangatkan tangan ketika merasa kedinginan. Pada kondisi yang cukup berat, kamu bisa berkonsultasi dan mengobatinya langsung ke dokter.

Diabetes dan Anemia

2. Diabetes

Banyak penderita diabetes mengalami masalah neuropati dan masalah saraf yang bisa menyebabkan rasa tak nyaman di tangan dan kaki. Seseorang yang memiliki neuropati sering mengalami rasa kesemutan, mati rasa, bahkan rasa sakit dan terasa panas di tangan. Bahkan kadang terasa rasa sakit menusuk dan ‘cenat-cenut’ di tangan.

Cara Mengatasinya: Menangani diabetes dan mempertahankan gaya hidup sehat seperti berat badan sehat dan tekanan darah terkontrol, berolahraga secara rutin, serta konsumsi obat diabetes merupakan cara mengatasi masalah ini.

3. Anemia

Jika rasa dingin di tangan dan kaki disertai dengan kelelahan yang ekstrem dan kelelahan, kulit pucat, napas pendek, serta kepala terasa melayang, kamu mungkin mengalami anemia. Munculnya rasa dingin di tangan akibat anemia ini disebabkan karena kurangnya asupan darah ke bagian tangan dan jari.

Cara Mengatasinya: Cara termudah untuk mengatasi anemia ini adalah mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

Hipotiroid dan Konsumsi Obat Tertentu

4. Hipotiroid

Hipotiroid atau kondisi kelenjar tiroid yang tidak aktif merupakan salah satu penyebab utama dari tangan terasa dingin. Kondisi ini bisa terjadi ketika tiroid tidak memiliki hormon tiroid yang tak cukup dan bisa emperlambat fungsi metabolisme tubuh. Kondisi ini bisa membuat seseorang lebih sensitif pada udara dingin dan disertai gejala lain seperti bertambahnya berat badan, rasa sakit di sendi dan otot, kulit kering, rambut menipis, dan juga perubahan mood.

Cara Mengatasinya: Masalah hipotiroid ini bisa diatasi dengan hormon tiroid sintetis dalam bentuk pil untuk menanganinya.

5. Konsumsi Obat Tertentu

Ketika kondisi tangan yang dingin ini muncul setelah kamu konsumsi obat-obatan tertentu, maka konsumsi obat ini bisa jadi penyebabnya. Kondisi ini cenderung bisa muncul setelah konsumsi pil KB, obat demam dan alergi, beta blocker, obat migrain, obat tekanan darah tinggi, serta obat kemoterapi tertentu.

Cara Mengatasinya: Pada kondisi tertentu, perubahan obat ini bisa menyebabkan rasa dingin di tangan dan jari. 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Lainnya

View All