Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Pekanbaru Siagakan Personel

Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Pekanbaru Siagakan Personel
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra (facebook)

Riauaktual.com - Beberapa hari terakhir hujan turun dengan intensitas tinggi. Sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru alami banjir hingga genangi pemukiman warga. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru pun menyiagakan personel. Personel BPBD akan bergerak jika ada laporan bencana banjir maupun bencana lainnya seperti kebakaran hutan dan lahan.

"Kalau BPBD, masyarakat yang menyampaikan informasi melalui 112 atau call center BPBD 08117651464 silahkan melakukan laporan, dan nantinya langsung dilakukan penanggulangan oleh satgas kami yang bertugas 24 jam," ujar Kalaksa BPBD Pekanbaru, Zarman Candra, Kamis (20/1/2022).

Seandainya ada laporan, kata Zarman, pihaknya langsung menindaklanjutinya. Pihaknya memastikan, hingga saat ini tidak ada laporan adanya bencana banjir yang harus ditanggulangi.

Selain penanggulangan bencana, pihaknya juga memberikan pembinaan terhadap masyarakat  yang berada di daerah rawan bencana.

"Kita juga memberikan pembinaan terhadap masyarakat kelurahan tangguh bencana, yang mana daerah itu berpotensi terjadi bencana. Baik itu banjir, kebakaran lahan maupun yang lainnya," ungkapnya.

Dalam mencegah banjir, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas PUPR Pekanbaru untuk melakukan imbauan kepada masyarakat. Pihaknya mengajak masyarakat untuk bergotong royong.

Pihaknya juga melakukan finalisasi terhadap master plan drainase di Kota Pekanbaru bersama dinas terkait. Kemudian melakukan normalisasi sungai yang berpotensi naiknya air ke permukaan. 

Berita Lainnya

View All