Hadapi Varian Omicron, Pemko Pekanbaru Kembali Siagakan Ruang Isoter

Hadapi Varian Omicron, Pemko Pekanbaru Kembali Siagakan Ruang Isoter
Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menyiagakan ruangan isolasi terpusat (Isoter) guna mewaspadai covid-19 varian Omicron. Covid varian ini mulai menyerang dan membuat lonjakan kasus di sejumlah wilayah di Indonesia. 

Seperti yang terjadi di Kota Jakarta saat ini. Bahkan pemerintah pusat telah memprediksi puncak lonjakan kasus varian Omicron ini terjadi pada Februari hingga Maret 2022.

"Ada varian Omicron yang diperkirakan melonjak di Februari. Kita diberikan arahan oleh pemerintah provinsi untuk siap siaga, terutama dalam ketersediaan ruang Isoter," ujar Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Rabu (19/1/2022). 

Saat ini ada sejumlah tempat yang disiapkan pemerintah menjadi tempat Isoter. Seperti Rusunawa Rejosari yang mampu menampung 125 pasien positif. Lalu ada Gedung BPSDM Riau yang mampu menampung 77 pasien positif. 

Kemudian, Gedung Bapelkes yang mampu menampung 77 orang pasien positif. Gedung LPMP yang mampu menampung 135 pasien positif, dan Asrama Haji yang mampu menampung 513 orang pasien positif. 

"Selain Isoter kita juga menyiagakan ruang isolasi di rumah sakit swasta, ketersediaan oksigen dan capaian vaksinasi. Kita ingatkan juga agar vaksinasi terus di gesa dan jangan ada vaksin yang expired, tidak digunakan jadi expired," terangnya. 

Ayat juga mengimbau masyarakat mewaspadai penyebaran varian baru covid-19, Omicron. Ia menegaskan bahwa pemerintah kota siap mengantisipasi ancaman virus varian baru tersebut.

Ia berharap penyebaran Omicron tidak terjadi di Kota Pekanbaru. Dirinya mendorong masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat diingatkan tidak abai dan tetap menggunakan masker dan hindari kerumunan. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index